Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mendukung pembinaan keolahragaan di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI).

Hal itu disampaikan saat menerima audiensi Kepala Pusat Jasmani dan Peraturan Militer Dasar (Kapusjaspermildas TNI) Brigjen TNI Machfud di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Kapusjaspermildas TNI menyampaikan bahwa dalam Mabes TNI telah ada induk organisasi olahraga yang disebut dengan Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) yang telah masuk dalam organisasi sosial dan olahraga internasional atau Conseil International du Sport Militaire (CISM).

"Kami laporkan bahwa induk olahraga militer yang ada di Mabes TNI (KOMI) ini adalah organisasi fungsional dan juga telah tergabung keanggotannya dalam CISM sehingga menjadi salah satu negara dari 144 negara anggotanya di dunia. Kita juga rencananya akan mengikuti Olimpiade Militer tahun 2024 yang mempertandingkan 22 cabang olahraga," kata Brigjen TNI Machfud, seperti disiarkan laman resmi Kemenpora, Kamis.

Ia berharap Menpora Dito memberikan rekomendasi agar KOMI dapat tergabung dalam naungan dan terorganisir dengan Kemenpora RI di masa depan.

"Kami harap KOMI ini saat Pak Menpora Dito menjabat sudah berada dalam naungan dan terintegrasi dengan Kemenpora. Karena banyak prajurit kita di TNI itu yang juga menjadi atlet mengharumkan nama bangsa di kancah dunia internasional," ujar Brigjen TNI Machfud.

Baca juga: Menpora dukung olahraga masuk dalam kurikulum pendidikan

Menurut dia, pada 2010 Panglima TNI bersama Kemenpora telah ada Nota Kesepahaman atau MoU di bidang pembinaan keolahragaan, MoU itu nantinya juga akan segera diperbaharui.

"Iya sudah ada seperti nota kesepahaman pembinaan keolahragaan dan itu sudah cukup lama masa aktifnya berakhir sehingga kami berharap MoU itu juga bisa diperbaharui sehingga ke depannya kerjasama kedua belah pihak ini bisa berjalan dengan baik," kata Brigjen TNI Machfud.

Mendengar pemaparan yang disampaikan, Menpora Dito merasa senang dan bangga. Menurut dia, pembinaan olahraga dalam Mabes TNI juga memiliki potensi dalam bidang beasiswa keolahragaan.

"Ini bagus juga sebagai alternatif dalam beasiswa keolahragaan yang sedang kita dorong, banyak juga atlet diberbagai cabang olahraga yang berasal dari prajurit TNI," kata Menpora Dito.

Menpora Dito sangat mendukung pembinaan olahraga yang berada dalam Mabes TNI agar dapat dikembangkan lebih baik guna turut mengharumkan nama bangsa di ajang olahraga dunia internasional.

"Baik Pak kita upayakan dukungan maksimal, terkait MoU yang pernah ada silakan nanti dikoordinasikan lebih lanjut dan kita akan segera follow up. Kita siap full support pak," kata Menpora Dito.

Baca juga: Menpora ingin para olimpian jadi mitra strategis Kemenpora

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023