Jakarta (ANTARA) - Beberapa cabang olahraga unggulan Indonesia menyumbangkan kepingan emas pada hari keenam pertandingan SEA Games 2023 di Kamboja, namun itu belum mampu memperbaiki posisi Indonesia yang tidak beranjak dari peringkat keempat klasemen medali.

Dalam daftar perolehan medali yang disiarkan penyelenggara hingga Kamis pukul 23.30 WIB, Indonesia secara keseluruhan mengumpulkan 42 emas, 34 perak, dan 59 perunggu.

Satu tingkat di atas Indonesia adalah Thailand yang menempati peringkat ketiga dengan selisih 12 emas dari Indonesia. Thailand mengumpulkan 54 emas, 39 perak, dan 58 perunggu.

Perburuan tempat teratas dalam klasemen medali berlangsung lebih sengit dengan tuan rumah Kamboja sementara ini berada di posisi kedua dengan perolehan 56 emas, 44 perak, dan 55 perunggu.

Vietnam untuk sementara berada di peringkat pertama namun tidak bisa berleha-leha karena hanya berselisih dua emas dengan peringkat kedua, dengan total 58 emas, 57 perak, dan 71 perunggu.

Peringkat dalam klasemen medali tentunya bakal terus berubah, namun sepertinya kontingen Indonesia perlu kerja keras untuk bisa menembus persaingan tiga besar.

Perolehan medali emas Indonesia pada Kamis diawali dari cabang balap sepeda ketika Terry Yudha Kusuma menyumbang medali emas untuk setelah finis terdepan dalam nomor criterium putra di Kulen Mountains, Siem Reap.

Balapan berlangsung sengit sejak awal. Setiap pebalap menerapkan strategi masing-masing untuk bisa menjadi yang terdepan. Hingga mendekati garis finis, peserta adu sprint, makin kencang mengayuh sepeda.

Terry Yuda bersaing ketat dengan beberapa pebalap dari negara lainnya. Pada akhirnya, dia mampu menyentuh garis finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 13,38 menit.

Dengan tambahan emas dari Terry Yuda, tim balap sepeda Indonesia telah mengoleksi 5 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Baca juga: Pebalap sepeda Terry Yudha sumbang emas pada nomor criterium putra
Baca juga: Balap sepeda MTB lampaui target emas pada SEA Games 2023


Selanjutnya: wushu

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023