Magelang (ANTARA) - PB Jaya Raya dan Banthongyord Thailand dipastikan maju ke babak final U-17 Putri bulu tangkis Polytron Superliga Junior 2023 setelah mengalahkan lawan-lawannya pada semifinal di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Dalam semifinal sektor U-17 putri, skuad PB Jaya Raya menundukkan PB Djarum dan Banthongyord Thailand mengalahkan tim Badminton Association Malaysia (BAM).

Pada babak empat besar ini, kemenangan Jaya Raya harus dipastikan setelah menjalani partai kelima melawan skuad PB Djarum.

Baca juga: Djarum dan Jaya Raya U17 putri melaju ke semifinal Superliga Junior

Sempat unggul melalui pertandingan di nomor tunggal untuk Jaya Raya, keadaan berbalik dengan dua kemenangan beruntun PB Djarum berkat pasangan Angelita Magdalena Yusup/Rasi Joase Niakhe Munajad dan pemain tunggal Jolin Angelia.

Namun, pada partai keempat yang mempertemukan Jania Novalita Situmorang/Nadia Pritasari dari Jaya Raya Vs Riska Anggraini/Salsabila Zahra Aulia asal PB Djarum, Jaya Raya kembali memetik kemenangan untuk menyeimbangkan skor menjadi 2-2.

Pertandingan pun berlanjut ke partai kelima antara pemain tunggal Jaya Raya, Miftaqul Putri Ayudis melawan Shaafiya Yasmin Maitsa dari PB Djarum. Bermain alot di gim pertama dengan kemenangan tipis 21-18 untuk Shaafiya, Miftaqul mampu membalikkan keadaan dengan meraih gim kedua, 21-19. Di gim ketiga, Miftaqul memastikan klubnya melaju ke babak final usai menang 21-19.

"Saya senang, karena dari kemenangan saya ini, Jaya Raya bisa ke final. Tadi memang di gim pertama saya main kurang tenang. Tapi setelah dapat arahan dari Kak Ida (pelatih PB Jaya Raya, Firdasari), saya akhirnya bisa tenang untuk menjalani gim kedua," kata atlet yang akrab disapa Putri ini.

Selain tenang, katanya perlu fokus, semangat, mental yang kuat. Apalagi poin-poinnya mepet-mepet terus. Tetapi diyakinkan oleh pelatih untuk lebih berani menyerang, jangan banyak berpikir dan akhirnya bisa menang.

Baca juga: Djarum dan Mutiara Cardinal juara grup U-17 putra Superliga Junior

Pada pertandingan semifinal U-17 putri lainnya, Banthongyord Thailand menunjukkan superioritasnya di hadapan Malaysia BAM dengan menang telak 3-0.

Di partai pertama, tunggal putri Banthognyord Thailand, Anyapat Phichitpreechasak sukses mengalahkan Chloe Lam Jing Yee asal Malaysia dua gim langsung dalam tempo 28 menit.

Pada ganda putri Banthongyord, Kodchaporn Chaichana/Pannawee Polyiam menekuk ganda pertama Malaysia Nicole Chau Xuan/Nicole Tan Pei En.

Di partai ketiga, yang mempertemukan tunggal putri Banthongyord Ratnacha Sompoch dengan Ong Xin Ru dari Malaysia, skuad Negeri Jiran menolak menyerah. Ong dan Ratnacha sempat terlibat setting di pengujung gim kedua 20-20. Namun, Ong kalah secara dramatis 22-24 dan Ratnacha sukses mengantarkan tim Negeri Gajah Putih ke final beregu U-17 putri Polytron Superliga Junior 2023. ***3***

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023