Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menjajaki kemungkinan pembangunan kampus di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, dengan membuka program studi sesuai potensi daerah setempat yaitu kawasan pesisir dan laut yang indah dan kaya sumber daya alam.

"Ke depan kami menginginkan di Kabupaten Kotabaru ada kampus ULM yang bisa mengakomodasi masyarakat setempat mengambil studi sesuai dengan keadaan daerahnya," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Jumat.

Daerah dengan ibu kotanya terletak di Pulau Laut, pulau yang terpisah dari Pulau Kalimantan itu selama ini dikenal dengan keindahan pesisir dan lautnya serta kaya sektor perikanan dan pariwisata hingga perkebunan.

Baca juga: Bupati dukung ULM bangun kampus di Tabalong dekati IKN

Menurut Alim, potensi besar Kotabaru dengan segala sumber daya dan khazanah daerahnya sangat potensial jika didukung peningkatan layanan pendidikan tinggi berkualitas.

"Apalagi minat pemuda-pemudi Kotabaru untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi cukup besar termasuk di ULM sebagai kampus unggul di Kalimantan Selatan dan menjadi PTN terbaik di Pulau Kalimantan dengan akreditasi A," katanya.

Hal itu, menurut dia, terbukti saat ini ada sekitar 1.200 mahasiswa asal Kotabaru yang menuntut ilmu di ULM tersebar di berbagai program studi pada 11 fakultas.

Baca juga: ULM buka dua program studi baru

"Data ini membuktikan adanya perhatian bupati terhadap masyarakatnya untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin," ucap rektor.

Sebelumnya rektor menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kotabaru sebagai daerah teraktif dalam kerja sama penelitian dan pengembangan daerah untuk mendukung tri dharma perguruan tinggi di ULM.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alaydrus menyampaikan bahwa Kotabaru merupakan daerah yang cukup dekat dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sehingga menjadi peluang besar dalam pengembangan daerah ke depan termasuk peningkatan layanan sektor pendidikan tinggi.

Baca juga: ULM buka Prodi Rekayasa Geologi dukung pengembangan Geopark Meratus

"Tentu suatu kebanggaan jika ada kampus ULM di Kotabaru sehingga masyarakat kami tidak perlu jauh-jauh ke Banjarmasin atau Banjarbaru untuk kuliah di ULM," ujarnya.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023