"Kita harus berbarengan menangani banjir."
Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), Dede Yusuf Macan Effendi, meminta Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) bersama Kementerian Pekerjaan Umum (PU) membangun waduk mini untuk mencegah banjir di Jakarta dan Jawa Barat.

Dede Yusuf dalam siaran persnya, Jumat, mengemukakan bahwa waduk-waduk mini tersebut dibangun di sepanjang jalur Sungai Ciliwung dan Citarum yang bermuara ke ibu kota.

Ia mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak sanggup jika harus membangun sejumlah waduk mini sendiri.

"Setelah hulu dibenahi, kita harus membuat embung atau waduk mini di sepanjang jalur sungai yang bermuara di Jakarta, agar volume air yang masuk ibukota terkurangi," ujarnya.

Menurut dia, pembuatan sejumlah waduk mini sangat efektif mencegah banjir karena dapat menangkap air yang mengalir deras dari hulu Sungai Ciliwung dan Citarum sehingga hanya sepertiga volume air yang masuk ke Jakarta.

Dede menilai, DKI Jakarta tidak bisa menangani banjir seorang diri, melainkan harus berbarengan dengan Pemprov Jawa Barat dan pemerintah pusat.

"Apa yang saya sampaikan ini sudah melalui kajian, bukan sekadar usulan, kita harus berbarengan menangani banjir," katanya.

Bencana banjir, menurut Dede, bukanlah bencana yang tidak bisa dihindari, dan dengan semangat berbarengan dan menekan ego sektoral antarinstansi terkait, maka bencana banjir bisa dicegah.

"Hilangkan ego, apalagi kepentingan politik. Kita bekerja sepenuh hati melayani masyarakat, Pemprov Jabar, DKI dan Kementerian PU harus bahu-membahu membangun waduk mini tersebut," demikian Dede Yusuf.

Sementara itu, Jokowi pada 31 Oktober 2012 menyempatkan diri berkunjung ke Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, guna membahas gagasan membangun waduk di Ciawi, selain membicarakan sinergi transportasi antar-provinsi.

Jokowi juga melakukan kunjungan ke Gubernur Banten, Hj.
Ratu Atut Chosiyah, pada 7 November 2012 antara lain membahas gagasan membangun waduk di Lebak, dan sinergi transportasi di kedua provinsi.

Dalam gagasan Jokowi, waduk di Ciawi dan Lebak dapat mencegah banjir di ketiga provinsi, bahkan dapat mengelola air bersih secara tepat dan hasil guna.
(*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013