Surabaya (ANTARA) - Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggandeng Google Cloud mengadakan pelatihan dan pembelajaran mengenai Google Cloud Platform (GCP) guna mendukung pembelajaran komputasi awan di kampus setempat.

"GCP memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, juga mempermudah kegiatan sehari-hari dengan memberikan solusi teknologi," kata Rektor Untag Surabaya Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA., di Surabaya, Minggu.

Baca juga: Kepala LLDikti 7: Untag Surabaya bisa menjadi universitas kelas dunia

Prof. Nug, sapaannya, berharap anak-anak muda dapat memberikan atensi baik di GCP, sehingga melahirkan inovasi-inovasi baru.

Kepala program studi (Kaprodi) Sistekin Untag Surabaya Supangat menekankan bahwa GCP telah menjadi pendorong dalam era digital yang semakin berkembang.

“GCP tidak hanya memberikan akses ke teknologi terdepan, tetapi juga menyediakan peluang belajar dan berkolaborasi dengan komunitas pengembang yang luas," katanya.
Supangat mengatakan GCP juga digunakan oleh perusahaan dan organisasi dalam mengamankan data mereka.

"Sejalan dengan fokus Sistekin Untag Surabaya, di era serangan siber yang semakin kompleks, kehadiran GCP sebagai platform komputasi awan yang aman memberikan solusi yang andal bagi perusahaan untuk menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data," ujar Supangat.

Google Cloud Platform Infrastructure Engineer di Ruang Guru, Ronald Dimas Yuandika dan Senior Data Consultant di Narasio Data, Rahayu Oktavia P memberikan pemaparan materi serta pelatihan secara step by step mengenai beberapa task yang tersedia di Google Cloud, salah satunya Filtering and Sorting Data in Looker.

Baca juga: Mahasiswa Untag Surabaya buat aplikasi "Portal Supermarket"

Baca juga: Mahasiswa Untag buat Portal Zonasi petakan kejahatan di Surabaya

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023