Magetan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan mempromosikan sejumlah potensi daerah melalui pameran seni budaya dan promosi produk unggulan setempat di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

"Momentum ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Magetan dalam melestarikan budaya, promosi wisata, pemasaran produk UMKM, serta sebagai pemantik investor agar datang dan berinvestasi ke Magetan," ujar Bupati Magetan Suprawoto dalam keterangannya, Minggu.

Pihaknya mengajak warga Magetan untuk bersatu padu memajukan wilayahnya. Berbagai kreasi seni dipertontonkan sehingga memukau peserta yang mengunjungi pameran. Selain itu juga ada karya seni lukis serta pameran aneka produk unggulan daerah binaan OPD Pemkab Magetan yang ikut memeriahkan pameran.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyatakan komitmennya dalam menjadikan Magetan sebagai Kabupaten tujuan pendidikan tinggi yang berkualitas. Hal itu belajar dari perjalanan panjang kota bear seperti Surabaya, Malang, Solo, dan Yogyakarta yang wilayahnya maju pesat karena berdiri universitas negeri yang besar.

Sehingga ribuan mahasiswa dari penjuru Indonesia datang dan terjadilah perputaran ekonomi yang besar di tengah masyarakat selain juga menjadikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Magetan menjadi lebih baik.

Adapun pameran Kabupaten Magetan di Anjungan Jawa Timur TMII kali ini difasilitasi oleh Badan Penghubung Daerah Pemprov Jatim, Pemkab Magetan, dan Ikatan Keluarga Magetan (IKMA).

Perwakilan IKMA Bambang Priambodo menyatakan komitmen komunitasnya untuk memajukan Magetan melalui dunia kewirausahaan. Ke depan, ia akan menghubungkan anggota IKMA dengan PT POS Indonesia dalam kerja sama keagenan untuk mewujudkan dunia kewirausahaan tersebut.

"Warga IKMA yang ada di Jakarta bisa menjadi keagenan PT POS Indonesia. Dalam waktu dekat kita akan melakukan kerja sama tersebut sehingga bisa memberikan kontribusi langsung kepada warga sekaligus mengembangkan PT POS sebagai BUMN kita," kata Bambang.

Selain dengan PT Pos, pihaknya juga akan bekerja sama dengan BUMN dan pihak swasta lainnya untuk membuka peluang kewirausahaan warga Magetan yang muaranya mendongkrak kesejahteraan warga.

Baca juga: Magetan terima dana Rp6 miliar untuk pengembangan tembakau lokal
Baca juga: KKP kembangkan Desa Sumberdodol Magetan sebagai desa perikanan cerdasBaca juga: Pemkab Magetan minta usaha wisata terapkan Sapta Pesona hadapi lebaran
Baca juga: Pemkab Magetan targetkan PAD 2023 Rp17 miliar dari Telaga Sarangan

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023