Ini even atau agenda tahunan. Magetan unggulannya pariwisata. Karenanya, pelaku usaha wisata harus paham bagaimana melayani wisatawan dengan baik. Memberikan 'suguh gupuh' kepada wisatawan yang berkunjung ke Magetan dan tunjukkan Magetan pantas untuk
Magetan (ANTARA) - Pj. Bupati Magetan Hergunadi memastikan wilayahnya siap menjadi daerah destinasi wisatawan dari berbagai daerah saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kesiapan tersebut diwujudkan dengan memastikan dan mengajak warga Kabupaten Magetan ikut dalam menjaga keamanan dan kenyamanan baik bagi warga Kristiani yang akan melakukan ibadah Natal maupun wisatawan yang berkunjung saat libur akhir tahun.

"Ini even atau agenda tahunan. Magetan unggulannya pariwisata. Karenanya, pelaku usaha wisata harus paham bagaimana melayani wisatawan dengan baik. Memberikan 'suguh gupuh' kepada wisatawan yang berkunjung ke Magetan dan tunjukkan Magetan pantas untuk dikunjungi," ujar Hergunadi dalam keterangannya di Magetan, Jumat.

Menurut dia, libur Natal dan Tahun Baru merupakan momentum apik untuk mempromosikan potensi wisata Magetan dan memberikan pelayanan terbaik dari pelaku usaha wisata kepada wisatawan.

"Jika bisa memasarkan dengan baik, tentunya ini potensi untuk mengenalkan wisata Kabupaten Magetan ke masyarakat luas," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan Joko Trihono menyatakan bahwa Magetan akan didatangi banyak wisatawan saat libur Natal dan akhir tahun. Ia memprediksi ada kenaikan kunjungan wisatawan yang signifikan dibandingkan saat "weekend" atau akhir pekan biasa.

Guna menghadapi hal tersebut, ia mengaku juga sudah melakukan koordinasi (rakor) Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan instansi terkait baik OPD, kepolisian, maupun perwakilan pelaku usaha wisata dan desa wisata di Magetan.

"Rakor tersebut sebagai upaya membangun kepercayaan masyarakat terhadap pariwisata di Magetan, sekaligus antisipasi lonjakan pengunjung wisata di wilayah Magetan saat libur panjang natal dan akhir tahun," kata Joko.

Dalam rakor tersebut para pelaku wisata mendapatkan arahan agar memberikan pelayanan yang terbaik. Sehingga wisatawan senang dan puas berlibur ke Magetan.

Pihaknya juga melibatkan unsur TNI, Polri, BPBD, dan Dishub guna mengantisipasi kerawanan keamanan, kecelakaan, kemacetan, dan bencana alam di wilayah setempat.

Dengan persiapan dan pengamanan yang maksimal, pihaknya berharap agar kegiatan peringatan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Magetan dapat berjalan lancar.

Baca juga: Magetan targetkan 1 juta pengujung untuk wisata Telaga Sarangan

Baca juga: Dua desa di Kabupaten Magetan masuk 500 besar penilaian ADWI 2023

Baca juga: Magetan dorong potensi di Dusun Wonomulyo tingkatkan kunjungan wisata

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023