Jakarta (ANTARA) -
Pegolf putri Indonesia Elaine Widjaja mengakui kelemahannya pada SEA Games 2023 adalah pada sektor distance, dan ia ingin segera memperbaiki kelemahan tersebut.
 
Elaine merupakan salah satu pegolf yang menyumbang medali perak bagi kontingen Indonesia pada SEA Games kali ini. Ia memenangi medali tersebut di nomor beregu putri, setelah kalah pada 0-2 dari Thailand pada pertandingan final.
 
"Cuma overall kendalanya di distance ya. Pukulannya agak beda jauh sama tim Thailand yang kita final match kemarin. Jadi ya harus improve distance lagi," kata Elaine saat ditemui setelah upacara penyambutan atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu malam.
 
Gadis 17 tahun itu juga menyadari bahwa masalah mental terkadang masih menjadi kendala, seperti yang terjadi pada pertandingan final tersebut.
 
"Kita kalah empat down di final match. Itu berarti kita main 16 hole. Iya awalnya aku sempat dua up, terus setelah sembilan hole itu sudah tie gitu kan. Waktu tie aku agak terganggu karena takut dan lain-lain, terus akhirnya terkejar," tutur atlet kelahiran Semarang itu.

Baca juga: Menpora berharap SEA Games 2023 jadi batu loncatan pegolf ke Olimpiade
 
Meski gagal meraih medali tertinggi, Elaine cukup senang dengan raihan medali perak ini, dan berjanji akan memperbaiki diri untuk dapat tampil lebih baik lagi pada masa yang akan datang.
 
"Ya lumayan senang bisa dapat medali, bawa pulang medali, walaupun kita ada kesempatan buat dapat emas, tapi belum bisa tercapai. Tapi ya bisa introspeksi diri biar ke depannya lebih bagus lagi," ucap Elaine yang mengidolakan pegolf Selandia Baru Lydia Ko itu.
 
Elaine pun bertekad akan memperbaiki kelemahannya dengan banyak melakukan aktivitas fisik, serta bermain di beberapa turnamen sebelum mengikuti ajang yang lebih besar lagi yakni Asian Games.
 
Cabang olahraga golf berkontribusi dua medali bagi Indonesia. Selain medali perak dari nomor beregu putri, nomor beregu putra juga menyumbangkan medali perunggu. Raihan medali itu sama persis dengan yang didapat Indonesia dari cabang olahraga golf pada SEA Games 2021.

Baca juga: PB PGI umumkan tujuh pegolf Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023