Pemprov DKI sudah melakukan yang terbaik.
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) DKI Jakarta Nurhasan meminta Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta memastikan lalu lintas lancar selama penyelenggaraan KTT ASEAN dengan mempersiapkan skema pengaturan.

"Harus tahu persis jadwal masing-masing delegasi untuk memudahkan pengaturan," kata Nurhasan ketika dihubungi di DKI Jakarta, Senin.

Persiapan penting dilakukan untuk memastikan rombongan delegasi peserta KTT ASEAN tidak terkendala begitu juga dengan aktivitas warga tetap lancar seperti hari-hari normal.

Menurut Nurhasan, beberapa ruas jalan yang  nantinya akan dilewati peserta KTT ASEAN diantaranya jalan depan Ratu Plaza Jakarta Pusat hingga di sekitar gedung ASEAN  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, perlu pengaturan ekstra.

Ruas jalan tersebut menjadi salah satu jalan protokol yang kerap dilewati warga. Maka dari itu, penting sejak sekarang dipersiapkan skema pengalihan arus sehingga acara sukses dan warga tidak terganggu.

Terkait kesiapan infrastruktur dari segi perbaikan jalan sendiri, Nurhasan mengaku Pemprov DKI sudah melakukan yang terbaik.

"Sudah luar biasa persiapan perbaikan jalan dan infrastruktur lain dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," jelas dia.

Sebelumnya, beberapa Pemerintah Kota (Pemkot) telah melakukan persiapan guna menyambut KTT ASEAN. Salah satunya Pemkot Jakarta Pusat.

Pemkot Jakarta Pusat memprioritaskan perbaikan Jalan Sudirman-Thamrin untuk diperbaiki karena kondisinya bergelombang guna menyambut persiapan DKI Jakarta saat jadi tuan rumah KTT ke-42 ASEAN.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta, Rabu mengatakan Jalan Sudirman sampai Jalan Thamrin masuk dalam daftar jalan yang diperbaiki usai Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau keadaan jalan di depan Ratu Plaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, pada Sabtu (6/5).

"Kita di awal memang merasakan jalan itu bergelombang, makanya ini sudah menjadi program Pak Heru ingin sepanjang Jalur Sudirman-Thamrin, Patung Kuda itu jalan harus bagus," kata Dhany.

Dhany menjelaskan bahwa ruas jalan tersebut berskala nasional dan melintasi sejumlah ikon Ibu Kota, seperti Patung Jenderal Sudirman, Bundaran Hotel Indonesia hingga Bundaran Patung Kuda.

Oleh karena itu, lanjutnya, Dinas Bina Marga tengah melakukan pengaspalan jalan hotmix agar dapat dilintasi dengan nyaman oleh pengguna kendaraan.
Baca juga: Heru fokus perbaiki 14 ruas jalan di Jakarta jelang KTT ASEAN 2023
Baca juga: Bima Arya: Rencana ada temu wali kota dan gubernur se-ASEAN
Baca juga: Jalur untuk penyelenggaraan KTT ASEAN akan dipercantik dan dirapikan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023