LPDP ingin mendukung seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai demokrasi ekonomi, salah satunya dengan menebar benih wirausahawan ke generasi yang lebih muda dan membentuk ekosistem wirausahawan, ....
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan program kegiatan baru bernama 5ME2045: LPDP Business Competition 2023 untuk memanggil para pengusaha rintisan maupun yang memiliki ide bisnis untuk berkompetisi menawarkan dan mengembangkan inovasinya.

Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso mengatakan Indonesia memerlukan wirausahawan dengan bisnis berbasis peluang (opportunity base), yaitu bisnis yang didukung oleh teknologi, pengetahuan, jejaring aspek modal, dan sumber daya manusia. Peningkatan jumlah wirausaha berbasis peluang sangat penting karena berkontribusi meningkatkan produk domestik bruto (PDB) per kapita.

"LPDP ingin mendukung seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai demokrasi ekonomi, salah satunya dengan menebar benih wirausahawan ke generasi yang lebih muda dan membentuk ekosistem wirausahawan, mempertemukan calon investor, mentor, dan pengusaha yang menginspirasi,” ujar Dwi Larso dalam acara peluncuran tersebut, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: BKKBN ajak penerima beasiswa LPDP bangun Indonesia bergenerasi unggul

Five Million Entrepreneurs atau disingkat 5ME merupakan target capaian LPDP Business Competition untuk menciptakan lima juta pengusaha di 2045. Pada peluncuran perdananya, LPDP Business Competition 2023 menargetkan untuk menumbuhkan benih 5.000 pengusaha muda Indonesia.

Ia menjelaskan terdapat dua kategori bisnis yang diadakan dalam LPDP Business Competition, yaitu Business Initiation Plan dan Business Growth Plan. Business Initiation Plan ditujukan untuk pengusaha yang memiliki ide atau rencana bisnis dan sudah menjalankannya maksimal selama dua tahun.

Kategori ini terbuka bagi para pengusaha yang baru menjalankan bisnis kurang dari dua tahun. Para pelajar SMA/SMK/MA/sederajat bisa mengikuti kategori ini.

Sementara itu kategori Business Growth Plan diperuntukkan bagi pengusaha yang bidang usahanya sudah berjalan dua sampai lima tahun dan memiliki potensi untuk lebih berkembang lebih besar. Peserta di kategori ini juga diminta menunjukkan bisnis dan strategi pertumbuhannya yang jelas dan terperinci.

Baca juga: Kemenkop UKM ciptakan satu juta wirausaha baru hingga 2024

Terdapat delapan tema bisnis yang disuguhkan dalam LPDP Business Competition 2023 yaitu lingkungan, kesehatan, teknologi, pendidikan, bioteknologi, budaya dan pariwisata, industri kreatif, serta pertanian, peternakan, dan perikanan.

Dwi Larso menyebutkan peserta yang lolos akan mendapatkan berbagai manfaat yang berguna bagi penciptaan bisnis baru mulai dari ekosistem jejaring, pengalaman praktis, penghargaan dan pengakuan prestasi, pengembangan kompetensi, hingga akses ekosistem kewirausahaan dan investasi.

Pendaftaran LPDP Business Competition 2023 dibuka hingga 31 Mei 2023 dan terbuka untuk umum. Pendaftaran bisa dilakukan secara pribadi maupun bersama tim dengan anggota maksimal sebanyak tiga orang.

Segala tata cara, persyaratan, dan pendaftaran LPDP Business Competition 2023 dapat dilihat dengan mengunjungi tautan https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/kompetisibisnis/daftar/tahap-1/

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023