"Polisi RW ini bukan tentang pangkat, bukan tentang jabatan, apalagi tentang tunjangan. Namun ini tentang manfaat keberadaan kita di lingkungan, karena sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat untuk orang lain,"
Madiun (ANTARA) - Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo mengukuhkan sebanyak 349 personel jajarannya di Kepolisian Resor Madiun untuk menjadi anggota Polmas (Polisi Masyarakat) sebagai "Polisi RW" atau Polisi Rukun Warga.

"Polisi RW merupakan program dari Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) sebagai wujud Polri yang prediktif dan proaktif, dimana pada hakekatnya seperti layaknya Bhabinkamtibmas, ini di level RW (rukun warga)," ujar AKBP Anton saat mengukuhkan Polisi RW di lapangan Tribrata Polres Madiun, Senin.

Menurut dia, jumlah rukun warga di Kabupaten Madiun mencapai sebanyak 879 RW. Dari sebanyak itu, 40 persennya di wilayah Polres Madiun atau sebanyak 349 RW di 13 kecamatan telah terisi petugas Polmas sebagai Polisi RW.

"Polisi RW ini bukan tentang pangkat, bukan tentang jabatan, apalagi tentang tunjangan. Namun ini tentang manfaat keberadaan kita di lingkungan, karena sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat untuk orang lain," kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Madiun menekankan bahwa amanat dan tugas sebagai Polisi RW harus dilakukan sebaik-baiknya dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab untuk berperan aktif serta berinteraksi dengan masyarakat.

"Polisi RW juga harus ikut serta hadir di setiap momentum kegiatan masyarakat untuk memberikan manfaat," kata dia.

Adapun pengukuhan Polisi RW ditandai dengan pemasangan rompi dan ban lengan kepada perwakilan Polisi RW yang dilakukan oleh Kapolres Madiun AKBP Anton secara langsung.

Dalam kesempatan kegiatan apel tersebut, Kapolres Madiun juga menyampaikan hasil pelaksanaan "anev go" Polda Jatim kepada jajaran bahwa pada periode bulan Maret dan April 2023 Polres Madiun berhasil mendapat juara 2 Polres terbaik pada periode Maret dan juara 1 Polres terbaik di bulan April sesuai penilaian kinerja polres dalam aplikasi Siap Semeru.

Untuk itu, keberadaan Polisi RW yang baru saja dikukuhkan akan semakin mendukung peran dan penilaian kinerja Polres Madiun dalam melayani dan mengayomi masyarakat.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023