Banda Aceh (ANTARA) - Kebakaran meliputi lahan seluas sekitar empat hektare di wilayah Gampong Paya Seunara, Kecamatan Sukamakmue, Kota Sabang, Provinsi Aceh, menurut pejabat Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas di Banda Aceh, Senin, mengatakan bahwa kebakaran lahan terjadi sekitar pukul 13.30 WIB dan petugas sudah dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

"BPBD Kota Sabang telah mengerahkan armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian dan kini api masih dalam proses pemadaman," kata Ilyas.

"Informasi yang kami terima, api belum padam," katanya.

Ia mengatakan bahwa petugas yang berwajib masih menyelidiki kronologi dan penyebab kebakaran lahan yang terjadi di Gampong Paya Seunara.

Sementara itu, prakirawan di Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Putri Rizki Afriza mengatakan bahwa wilayah Provinsi Aceh sedang menuju puncak musim kemarau, yang diprakirakan berlangsung Juni-Agustus mendatang.

Dia mengimbau warga mewaspadai kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan serta menghindari tindakan-tindakan yang bisa menyebabkan kebakaran.

"Daerah yang perlu mewaspadai potensi karhutla seperti Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Utara, dan Aceh Jaya," kata Putri.

Baca juga:
BPBD Aceh Barat tingkatkan sosialisasi cegah kebakaran hutan dan lahan
Cuaca panas picu kebakaran hutan dan lahan di Aceh Tamiang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023