Peluru kendali MBDA Storm Shadow terlihat di Torino Caselle Airport pada 14 November 2004 di Alenia Aeronautica Flight Test, Torino, Italia.
London (ANTARA) - Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin mengaku telah menjatuhkan sebuah rudal jarak jauh Storm Shadow yang dipasok Inggris untuk Ukraina.

Ini untuk pertama kalinya Rusia mengaku menembak jatuh rudal buatan Inggris yang pekan lalu mengumumkan tengah menyalurkan rudal itu ke Ukraina.

Dalam pengarahan hariannya terkait konflik Ukraina, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan telah menembak jatuh rudal jelajah buatan Inggris itu, juga rudal-rudal jarak pendek yang diluncurkan dari sistem peluncur rudal buatan AS HIMARS dan rudal HARM.

Reuters belum bisa memverifikasi kebenaran laporan ini.

Inggris adalah negara pertama yang terbuka menyatakan memasok rudal jelajah jarak jauh kepada Ukraina.

Rudal jarak jauh ini membuat pasukan Ukraina bisa menyerang pasukan dan depot-depot pasokan Rusia jauh di belakang garis depan perang.

Pada saat bersamaan, Ukraina juga sedang menyiapkan serangan balasan besar-besaran.

Rusia pada Minggu (14/5)  menyebut Ukraina telah menggunakan rudal-rudal semacam itu untuk menyerang situs-situs industri di kota Luhansk yang dikuasai Rusia dan terletak di Ukraina timur.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan hari ini bahwa Rusia memandang "sangat negatif" keputusan Inggris dalam memasok rudal jarak jauh itu.

"Inggris mengklaim berada di garis depan di antara negara-negara yang terus mengalirkan senjata ke Ukraina," kata dia kepada wartawan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sumber: Amunisi, roket masuk dalam bantuan baru AS ke Ukraina
Baca juga: Kanada kirim senapan, radio, dan dana NATO untuk bantu Ukraina
Baca juga: Jerman umumkan bantuan militer senilai Rp43,84 triliun untuk Ukraina

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023