Jakarta (ANTARA) - Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Wisnu Widjanarko mengatakan peringatan Hari Keluarga Internasional merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas interaksi di antara seluruh anggota keluarga.

"Dari perspektif komunikasi keluarga, peringatan Hari Keluarga Internasional setiap tanggal 15 Mei merupakan momentum meningkatkan kualitas interaksi di antara anggota keluarga," kata Wisnu Widjanarko dihubungi dari Jakarta, Senin.

Dosen komunikasi keluarga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman itu menambahkan, peningkatan kualitas interaksi di dalam keluarga merupakan instrumen penting dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Baca juga: Kemenko PMK: Hari Keluarga internasional momentum perkuat peran ayah

"Interaksi berkualitas yang dimaksud adalah bagaimana orang tua memberi ruang bagi anak dalam mengekspresikan minat, bakat dan potensi yang dimiliki. Caranya dengan memberi kesempatan kepada anak untuk menyampaikan perspektifnya, dan orang tua melatih untuk menyimak dengan penuh empati," katanya.

Wisnu mengatakan, salah satu cara melatih kebersamaan di antara seluruh anggota keluarga adalah dengan meluangkan waktu untuk saling berkomunikasi dan berdialog.

"Misalnya, orang tua meluangkan waktu baik secara kuantitas maupun secara kualitas bersama anak, sehingga anak semakin yakin bahwa dirinya bermakna, dan hal tersebut akan berdampak pada keinginan untuk melakukan banyak hal baik, produktif dan kreatif, bagi dirinya maupun untuk sesama," katanya.

Baca juga: BKKBN: Harganas 2023 gaungkan gerakan dua butir telur cegah stunting

Wisnu menambahkan bahwa dengan adanya interaksi yang baik, komunikasi yang penuh empati dan saling mendukung satu sama lain diharapkan akan tercipta keluarga yang harmonis.

"Dengan demikian, ruang dialog harus dikedepankan, bukan kesan memaksakan, meskipun boleh jadi maksud dan tujuan baik, karena dengan cara yang tidak pas, justru pesan tidak akan sampai," katanya.

Sementara itu, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan Hari Keluarga Internasional merupakan momentum yang tepat untuk memperkuat peran keluarga dalam mengasuh dan mengawal tumbuh kembang anak.

Baca juga: Wakil Ketua MPR dorong peningkatan kesejahteraan keluarga

Plt Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Didik Suhardi mengatakan keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak.

"Semoga momentum Hari Keluarga Internasional ini bisa menjadi bagian dari peningkatan peran keluarga dalam pola asuh guna menciptakan generasi yang unggul dan berkualitas," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023