Jakarta (ANTARA) - Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Irma Ardiana menyampaikan bahwa intervensi penanganan stunting mesti ditarik dari hulu, utamanya saat 1.000 hari pertama kehidupan (HPK).

"Kita harus bisa mengarahkan intervensi dari hulunya karena dari 0-5 bulan bisa saja dari lahir sudah terindikasi stunting. Jadi, intervensinya ditarik lebih awal dari hulunya, 1.000 HPK termasuk ibu hamil sampai dengan bayi usia dua tahun (baduta),” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Ia menekankan pentingnya perencanaan dan penganggaran kegiatan bina keluarga balita (BKB) pada musyawarah perencanaan dan pembangunan (musrenbang) daerah agar penanganan anak stunting dapat terus dipantau.

“Pantau BKB-Mu adalah akronim dari kegiatan perencanaan dan penganggaran kegiatan BKB sejak musrenbang desa, tujuannya untuk membantu kepala desa dan lurah mencapai sembilan indikator dalam Pantau BKB-Mu yang tercatat melalui data,” katanya.

Baca juga: Bapanas-ID FOOD sasar tujuh provinsi penanganan stunting di 2024

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, BKKBN sudah memetakan sembilan indikator unit yang dihitung di desa/kelurahan dan sudah dicermati capaian pada 2023.

“Kami akan menyoroti beberapa hal di indikator jumlah desa bebas stunting. Harapannya, di tahun 2024 tidak ada prevalensi stunting lebih dari 3,4 persen, meski saat ini kenyataannya masih jauh dari sasaran. Kita masih terus berjuang," ucapnya.

Ia menekankan pada indikator kelima, di mana desa diharapkan dapat meningkatkan alokasi dana desa/kelurahan untuk melakukan intervensi spesifik dan sensitif dalam percepatan penurunan stunting, dengan target 90 persen pada 2024, tetapi capaian pada 2023 baru 76,52 persen.

Namun, ia tetap mengapresiasi indikator persentase desa/kelurahan yang melaksanakan kelas BKB tentang pengasuhan 1.000 HPK, di mana hal tersebut sudah melampaui target dengan capaian 95,05 persen dari target 90 persen pada 2024.

"Nanti kita lihat apakah dengan kelas BKB ini sudah cukup efektif menurunkan prevalensi stunting?” ujarnya.

Ia menyampaikan hal tersebut mengingat berdasarkan kelompok usia, angka stunting kelompok usia 0-5 bulan pada 2019 sebesar 8,4 persen, sedangkan pada 2021 meningkat menjadi 11,7 persen dan masih stagnan pada 2022.

Baca juga: BKKBN: Penanganan stunting sejak prakonsepsi hingga bayi 59 bulan
Baca juga: Kepala BKKBN ingatkan penanganan stunting tidak "over treatment"

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024