Dengan adanya bimbingan dari ayah serta adanya dukungan dan penguatan dari ibu, maka anak akan bertumbuh seperti yang diharapkan
Jakarta (ANTARA) - Psikolog keluarga Ketti Murtini mengingatkan mengenai pentingnya peran ayah dalam pengasuhan guna mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak.

"Dalam pola asuh anak, yang terpenting tidak hanya peran ibu, tapi juga peran ayah, peran keduanya sangat penting," kata Ketti Murtini yang dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Psikolog dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jawa Tengah (Jateng) Cabang Barlingmascakeb itu menjelaskan peran ayah sangat penting dalam menyiapkan anak agar memiliki kesiapan untuk menghadapi dinamika kehidupan.

"Ayah memiliki peran penting dalam menyiapkan anak untuk menghadapi dunia luar. Ayah yang menjadi panutan anak dalam bersikap dan bertingkah laku di luar rumah," katanya.

Menurut dia, ayah juga merupakan sosok yang berperan sangat penting dalam upaya membimbing anak agar berkembang menjadi individu yang mandiri.

"Dengan adanya bimbingan dari ayah serta adanya dukungan dan penguatan dari ibu, maka anak akan bertumbuh seperti yang diharapkan," katanya.

Baca juga: Pakar: Hari Keluarga Internasional waktu perkuat "bounding" ayah-anak

Dia menambahkan ayah dan ibu harus bekerja sama secara harmonis dan penuh cinta untuk mendampingi anak agar dapat tumbuh dan berkembang optimal menjadi individu yang unggul, tangguh, tapi tetap penuh cinta.

Sementara itu Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingatkan pentingnya upaya untuk memperkuat peran ayah dalam mengawal tumbuh kembang anak.

Plt Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Didik Suhardi menjelaskan peran ayah sangat diperlukan untuk meningkatkan pengasuhan anak dan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Tantangan seorang ayah adalah mengenai bagaimana memanfaatkan waktu luang di sela kesibukan bekerja agar dapat digunakan secara optimal untuk mendampingi anak-anak," katanya.

Didik menambahkan Kemenko PMK terus berupaya meningkatkan edukasi dan juga sosialisasi mengenai pentingnya memperkuat peran ayah dalam pengasuhan dan mengawal tumbuh kembang anak.

Baca juga: Kemenko PMK: Hari Keluarga internasional momentum perkuat peran ayah
Baca juga: Psikolog: Suami tak bisa lepas tangan pantau tumbuh kembang anak
Baca juga: Dokter: Ayah punya peran dalam pengasuhan anak


 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023