Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan menghadiri peringatan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) hingga meninjau ajang Gelar Melayu Serumpun 2023 dalam rangkaian kunjungan kerja di Medan, Sumatra Utara, Selasa.

Iriana Joko Widdo bertolak ke Medan bersama istri Wapres, Wury Ma'ruf Amin, dan jajaran Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM). Rombongan Ibu Negara mendarat di Pangkalan TNI AU Soewondo, Medan, sekira pukul 09.10 WIB, demikian keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Senin.

Kedatangan rombongan Ibu Negara dan OASE KIM disambut langsung oleh istri Wakil Gubernur Sumut Sri Ayu Mihari, istri Pangdam I/Bukit Barisan Intan Daniel Chardin, istri Kapolda Sumut Rita Panca Putra, dan istri Danlanud Kosek Hanudnas III Linda Reka.

Rombongan Ibu Negara kemudian langsung melanjutkan perjalanan ke Hotel Santia Premiere yang menjadi lokasi peringatan HUT Ke-43 Dekranas, sekaligus menghadiri peresmian pembukaan pelatihan

Dari Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, Ibu Iriana, Ibu Wury, dan para anggota OASE KIM langsung menuju Hotel Santika Premiere Dyandra untuk menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 Dekranas.

Baca juga: Dekranas tegaskan kerajinan masih jadi tuan di negeri sendiri

Di lokasi yang sama, Ibu Negara juga akan meresmikan pembukaan pelatihan wirausaha baru tahun 2023 serta mengunjungi Pameran Expo HUT Ke-43 Dekranas.

Selanjutnya Ibu Negara Iriana bersama rombongan dijadwalkan menyambangi Istana Maimoon untuk meninjau acara Gelar Melayu Serumpun 2023.

Sebagai informasi, Gelar Melayu Serumpun merupakan ajang perkenalan warisan budaya sebagai atraksi dan daya tarik wisata.

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan beberapa waktu sempat menyatakan Gelar Melayu Serumpun 2023 rencananya juga akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno serta Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Selepas meninjau Gelar Melayu Serumpun, rombongan Ibu Negara akan kembali ke hotel tempat bermalam untuk beristirahat mempersiapkan agenda kunjungan kerja di Sumut pada Rabu (17/5) esok.

Baca juga: Jokowi dan Iriana makan durian di Medan

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023