Bandung (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung memberikan penghargaan bagi petugas penjaga pintu perlintasan kereta api yakni Rangga Novembriantina yang sejauh ini berhasil menyelamatkan sebanyak sembilan orang pejalan kaki yang nyaris tertabrak kereta api.

Manajer Humas KAI Daop 2 Mahendro Trang Bawono mengatakan penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih perusahaan atas kepedulian Rangga terhadap keselamatan kereta api serta masyarakat. Adapun penghargaan yang diberikan berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan.

"Semoga dengan apresiasi ini, dapat memotivasi tidak hanya saudara Rangga tetapi juga seluruh insan KAI untuk bekerja dengan penuh amanah dan penuh tanggung jawab,” kata Mahendro di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Mahendro menjelaskan Rangga mulai berdinas di KAI sejak tahun 2015 dan telah bertugas di perlintasan kereta yakni JPL 204 Nagreg, JPL 177 Gedebage, dan JPL 181 Rancaekek sebelum akhirnya di JPL 165A Jalan Laswi Bandung.

Yang terbaru, kata Mahendro, Rangga berhasil menyelamatkan seorang pedagang asongan di perlintasan kereta api Jalan Laswi, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/5). Pedagang itu berjalan kaki melintasi rel kereta pada detik-detik sebelum KA Malabar relasi Bandung-Malang melintas.

Lalu Rangga yang sedang bertugas di perlintasan kereta itu, menurutnya dengan sigap berlari dan mendorong pedagang itu menjauh dari rel hingga selamat dari maut.

"Semoga tindakan terpuji saudara Rangga menjadi pengingat bagi masyarakat khususnya pengguna jalan untuk selalu mematuhi aturan berlalu lintas," kata Mahendro.

Meski begitu, Mahendro pun menyayangkan masih adanya insiden yang disebabkan kurangnya kehati-hatian pengguna jalan saat akan melintasi perlintasan sebidang. Hal tersebut bukan hanya membahayakan bagi pengguna jalan, tetapi juga berpotensi membahayakan perjalanan kereta api.

"Kami terus menghimbau kepada para pengguna jalan untuk selalu berhati-hati ketika melewati perlintasan sebidang. Pastikan untuk berhenti sejenak ketika akan melewati perlintasan, serta pastikan tidak ada kereta yang akan melintas," kata Mahendro.

Baca juga: Kemenhub dorong pemda ikut kelola perlintasan sebidang KA
Baca juga: Kabupaten Magetan raih Penghargaan Keselamatan Jalur Kereta Api 2022

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023