Pemkot Palu memiliki 53 program unggulan
Palu (ANTARA) -
Kota Palu, Sulawesi Tengah meraih gelar kota terbaik kedua se-Indonesia pada anugerah Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
 
"Kami bersyukur atas prestasi ini. Kami memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, sehingga Kota Palu masuk sebagai daerah yang berprestasi," kata Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido melalui keterangan tertulisnya dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 di Jakarta di Jakarta, Selasa (16/5).
 
Kota Palu unggul dari Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah sebagai kota terbaik tiga, dan Sukabumi Provinsi Jawa Barat meraih kota terbaik satu.
 
Kemudian, di momen itu juga diumumkan provinsi terbaik PPD yang diraih Provinsi Sumatera Selatan, disusul Provinsi Jawa Barat dan posisi ketiga diraih Provinsi Jawa Barat.
 
Ia menilai, apa yang diraih Pemkot Palu saat ini berkat dukungan dan kerja sama yang baik oleh organisasi perangkat daerah (OPD) maupun pemangku kepentingan dalam menyusun perencanaan daerah.
 
"Dengan penghargaan ini, mari kita tingkatkan etos kerja kita dalam memajukan pembangunan daerah. Kita upayakan tahun depan bisa lebih baik lagi," ucapnya.

Baca juga: Jawa Tengah raih Penghargaan Pembangunan Daerah dari Bappenas
Baca juga: Bappenas umumkan Penghargaan Pembangunan Daerah 2023
 
Ia memaparkan, Kementerian PPN menetapkan Kota Palu sebagai salah satu daerah yang masuk 10 besar setelah dilakukan evaluasi.
 
Sebagai salah satu finalis, maka Kota Palu dilakukan penilaian oleh tim Kementerian PPN/Bappenas pada Maret lalu.
 
Ia juga mengajak OPD di jajaran Pemkot Palu, harus saling mendukung dan membangun kolaborasi supaya cita-cita pembangunan daerah sesuai visi dan misi pemerintah Daerah (Pemda) bisa terwujud dengan baik.
 
"Pemkot Palu memiliki 53 program unggulan yang dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). saya berharap ke depan perencanaan pembangunan terus meningkat dan pengimplementasiannya lebih konsisten," tutur Reny.

Baca juga: Gubernur Jatim tekankan perencanaan pembangunan sesuai kearifan lokal
Baca juga: Bappenas: PPD dorong pemda pahami perencanaan pembangunan daerah

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023