... dua tempat itu selama ini hanya mengandalkan perahu-perahu motor berukuran kecil, yang beresiko tinggi... "
Kupang, NTT (ANTARA News) - Pemerintah pusat menganggarkan satu kapal feri lagi seharga Rp40 miliar untuk NTT pada tahun anggaran ini. Kapal penyeberangan itu penting untuk membuka isolasi di provinsi kepulauan itu. 

Kepala Dinas Perhubungan NTT, Bruno Kupok, menyatakan, di Kupang, Selasa, menyatakan, kapal itu akan melayani masyarakat di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, dan Amfoang, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Pulau Semau berlokasi dekat Teluk Kupang, sementara Amfoang ada di Kabupaten Timor Tengah Selatan, di sisi selatan Pulau Timor berhadapan dengan Laut Timor.

"Kedua tempat itu selama ini hanya mengandalkan perahu-perahu motor berukuran kecil, yang beresiko tinggi," kata Kupok. Pada 2011, pemerintah pusat membantu dua kapal feri. Pada 2013 ini akan menambah satu kapal lagi.

Akan tetapi, kapal itu baru betul-betul operasional pada 2015 nanti. Saat ini tender sedang dalam proses. NTT sedang menyiapkan infrastruktur penunjang, yaitu Dermaga Semau dan Dermaga Kolbano di Amfoang, Kabupaten Timor Tengah Selatan. 

(B017/F002) 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013