Jakarta (ANTARA) - Atlet kick boxing Indonesia Toni Kristian Hutapea tampil mengagumkan pada debut perdananya di SEA Games 2023 Kamboja dengan menggondol emas.

Toni yang tampil di kategori mens full contact 54 Kg sukses persembahkan emas ketiga di cabang olahraga kick boxing untuk merah putih.

"Medali emas saya persembahkan untuk negara Indonesia. Kedua, untuk orang tua saya. Ketiga untuk tanah kelahiran Medan dan para pelatih juga seluruh jajaran yang membantu di kamp," kata Toni Kristian Hutapea kepada pewarta saat ditemui di terminal tiga bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu.

Peraih medali emas Asian Championship 2020 itu tampil beringas dengan mengalahkan Thailand pada babak semi final dan Vietnam di babak Final.

Berbicara mengenai lawan terkuat selama gelaran SEA Games 2023, Toni mengungkapkan bahwa tidak ada satu pun lawan yang tak tertandingi di kategori mens full contact 54 Kg tak terkecuali Thailand ataupun Vietnam.
Atlet kick boxing Indonesia Toni Kristian Hutapea memamerkan medali emas yang diperolehnya dari SEA Games Kamboja di terminal tiga bandara Soekarno-Hatta, Kamis (18/5). (Fajar Satriyo)


"Lawan paling berat menurut saya tidak ada. Karena di Asian Championship pada 2020 saya juga memperoleh medali emas," ungkap atlet asal Medan, Sumatera Utara itu.

Meski begitu ia juga mengevaluasi kekurangannya selama event SEA Games yang banyak melakukan gerakan-gerakan yang tidak perlu sehingga mengurangi poinnya.

Berikut perolehan medali cabang olahraga kick boxing melansir laman resmi Pengurus Pusat Kick Boxing Indonesia (PP Kick Boxing Indonesia):

Emas
1. Toni Kristian Hutapea - Mens Full Contact 54 Kg
2. Diandra Ariesta Pieter - Womens Kick Light 55 Kg
3. Abdul Aziz - Mens Kick Light 63 Kg
Perak
1. Susanti Ndapataka - Womens Low Kick 56 Kg
2. Sofyan Abdul Haris - Mens Full Contact 67 Kg
3. Salmri Stendra Pattisamallo - Mens K1 51 Kg
4. Firman Muharram Syach - Mens Kick Light 69 Kg
Perunggu
1. Fani Febriyanti - Womens Light Contact 50 Kg
2. Paula Rewade Saruke - Womens Full Contact 48 Kg
3. Claudions Reco - Mens K1 67 Kg
4. David Leonardo - Mens Light Contact 63 Kg


Baca juga: Manajer ungkap tim nasional kick boxing Indonesia telah lampaui target
Baca juga: PP KBI genjot persiapan demi kesuksesan debut kick boxing di PON 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023