Jakarta (ANTARA) - Manajer tim nasional kick boxing Indonesia Rosi Nurasjati mengungkapkan timnas Indonesia telah melampaui perolehan target medali di SEA Games 2023 Kamboja.

Tim kick boxing Indonesia meraup tiga emas, empat perak dan empat perunggu jauh melampaui target yaitu mempertahankan medali yang sebelumnya di peroleh di SEA Games Vietnam 2021 yaitu dua emas, satu perak dan satu perunggu.

"Alhamdulillah target kami hanya dua emas sama dengan SEA Games sebelumnya, paling tidak mempertahankan. Tapi Allah memberikan kelebihan menjadi tiga emas," kata manajer tim nasional kick boxing Indonesia Rosi Nurasjati kepada pewarta di terminal tiga Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Selain itu Rosi Nurasjati menyebutkan bahwa Indonesia seharusnya dapat memperoleh tiga emas tambahan namun karena kualitas wasit tidak seimbang dengan penilaian terhadap teknik tim sehingga menyebabkan potongan poin yang merugikan.

"Kualitas wasit tidak seimbang dengan kualitas anak-anak. Kualitas anak-anak sudah berkembang. Bahkan seharusnya yang tidak dapat potongan poin justru langsung dipotong langsung," kata Rosi.

Berbicara mengenai SEA Games Thailand tahun 2025 mendatang timnas kick boxing Indonesia optimistis menatap ajang dua tahunan di Asia Tenggara itu karena mempunyai atlet bertalenta dan masih muda.

"Semuanya mempunyai peluang. Atlet Indonesia masih muda-muda, punya teknik dan fisiknya bagus. Saya lihat potensi mereka bagus semua karena masih muda," kata Rossy.

Ia juga bersyukur atas adanya event yang berkelanjutan seperti pra-PON 2024 dan PON 2024 Aceh-Sumatera Utara yang membuat para atlet tetap memperoleh jam terbang dan mempertahankan kondisi fisik.

Berikut perolehan medali SEA Games 2023 cabang kick boxing:

Emas
1. Toni Kristian Hutapea - Mens Full Contact 54 Kg
2. Diandra Ariesta Pieter - Womens Kick Light 55 Kg
3. Abdul Aziz - Mens Kick Light 63 Kg


Perak
1. Susanti Ndapataka - Womens Low Kick 56 Kg
2. Sofyan Abdul Haris - Mens Full Contact 67 Kg
3. Salmri Stendra Pattisamallo - Mens K1 51 Kg
4. Firman Muharram Syach - Mens Kick Light 69 Kg

Perunggu
1. Fani Febriyanti - Womens Light Contact 50 Kg
2. Paula Rewade Saruke - Womens Full Contact 48 Kg
3. Claudions Reco - Mens K1 67 Kg
4. David Leonardo - Mens Light Contact 63 Kg

Baca juga: KOI puas dengan pencapaian olahraga beregu pada SEA Games 2023
Baca juga: Okun Kamboja, sampai jumpa di Thailand

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023