Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Selatan membimbing para pelaku ekonomi kreatif memanfaatkan telepon seluler (ponsel) untuk meningkatkan kemampuan pengembangan usaha.

"Ponsel saat ini sudah semakin canggih dan bisa dimanfaatkan untuk berbisnis, sebagai alat promosi dan pemasaran seperti membuat toko 'online', 'landing page', desain dan sebagainya," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Selatan Rus Suharto saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Rus menuturkan, bimbingan ini hanya bermodalkan ponsel lantaran penggunaannya yang praktis dan mudah serta tentunya semua orang telah memiliki alat komunikasi tersebut.

Dengan tujuan, para peserta turut meningkatkan kemampuan dalam merancang perencanaan pengembangan profesi dan usahanya menggunakan laman melalui ponsel.

Baca juga: Jakarta Selatan adakan pelatihan wirausaha bagi UMKM Pasar Minggu

"Kami rutin mengadakan bimbingan dan jika ketinggalan bisa menyaksikan siaran ulang di YouTube resmi Suku Dinas Parekraf Jakarta Selatan," katanya.

Pihaknya baru saja melakukan bimbingan teknis (bimtek) untuk para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) yang bisa mengikuti rekaman ulang melalui: https://www.youtube.com/live/FEfxI84LuFU?feature=share

Dalam bimbingan tersebut, sejumlah tema menarik disuguhkan. Di antaranya membahas tentang “Membangun Pondasi Digital-Dasar Website untuk Pelaku Ekonomi Kreatif” oleh Budianto Tinambunan selaku Multimedia Enthusiast, Lead & Content Producer Ruangguru.

Materi kedua oleh Bagus Kharisma selaku Graphic Specialist Ruangguru dengan tema “Kreasi dan Konektivitas-Mengoptimalkan Halaman dan Integrasi Media Sosial”.

Baca juga: Pemkot Jaksel dan BPJS fasilitasi pelaku UMKM terima Jamsostek

Terakhir, workshop oleh Bisma Al-Fath selaku Motion Graphic Specialist Ruangguru dengan terapan “Untuk Sukses Digital Pelaku Ekonomi Kreatif."

Harapan Rus, kegiatan ini bisa membantu para pelaku ekonomi kreatif dapat memiliki hak atas kekayaan intelektual (Haki) sehingga bisa mendorong pendapatan usaha serta pertumbuhan ekonomi nasional.

Terlebih para peserta bisa mendapatkan ilmu dari narasumber yang membagikan pengalamannya selama memanfaatkan ponsel dalam keseharian terutama di dunia ekonomi kreatif.

"Para peserta bimbingan kami dipastikan mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan dan serta membuka rekening tabungan dari Bank DKI," katanya.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023