Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih optimistis pihaknya akan membuat tradisi emas bagi Indonesia dalam setiap kompetisi, menyusul kesuksesan tim basket Tanah Air meraih medali emas pada dua gelaran SEA Games berturut-turut.

“Tahun ini kita mendapat medali emas dari Timnas Putri. Tahun lalu, kita juga mendapat satu medali emas dari Timnas Putra. Kami optimistis raihan medali emas akan menjadi tradisi di tahun-tahun mendatang," kata Danny Kosasih dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Danny juga mengapresiasi prestasi tim nasional putri 3x3 yang berhasil meraih perunggu pada SEA Games 2023, yaitu medali yang dipertahankan sejak gelaran SEA Games 2021 di Vietnam.

Dia juga berterima kasih pada kerja keras timnas basket putra baik 5 on 5 maupun 3x3 yang sudah berjuang semaksimal mungkin di SEA Games Kamboja.

Timnas Basket Putri mencetak sejarah setelah sukses membawa pulang medali emas dalam nomor basket putri 5 on 5. Emas ini adalah yang pertama kalinya didapatkan Indonesia sejak SEA Games pertama kali diselenggarakan.

Medali emas untuk tim nasional putri 5 on 5 ini didapat usai melibas semua lawan. Mulai dari mengalahkan Vietnam 67-62, melibas Thailand 69-70, menaklukkan Malaysia 85-57. Selanjutnya menghancurkan Filipina 68-89, menghajar Kamboja 100-54, dan terakhir menumbangkan Singapura 39-86.

Pada gelaran SEA Games sebelumnya di Vietnam, tim basket putra sudah lebih dulu mencetak sejarah dengan mendapatkan emas untuk pertama kalinya usai mengalahkan Filipina di final.

Baca juga: Dewa Ayu: Emas basket putri diraih karena faktor kebersamaan tim
Baca juga: PP Perbasi: Semoga emas ini jadi pembuka untuk prestasi ke depan

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023