Pada tahun 2022 para calon mahasiswa dari berbagai negara seperti Malaysia, Vietnam, Myanmar hingga Afrika mendaftar di beberapa fakultas di antaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan lainnya.
Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat (Sumbar) terus berupaya menjaring mahasiswa serta memperbanyak lulusan dari luar negeri untuk mewujudkan world class university atau universitas kelas dunia

"Kita punya program world class university. Jadi, lulusan dari berbagai negara ini juga menjadi bagian untuk mewujudkannya," kata Rektor Unand Prof Yuliandri usai mewisuda 634 wisudawan Unand di Padang, Sabtu.

Untuk menjaring atau memperbanyak calon mahasiswa dari luar negeri berkuliah di kampus itu, Unand membuka semua program studi setiap penerimaan mahasiswa baru

"Kita buka semua program studi dan Alhamdulillah sudah banyak yang kuliah di Unand," katanya.

Ia mengatakan pada tahun 2022 para calon mahasiswa dari berbagai negara seperti Malaysia, Vietnam, Myanmar hingga Afrika mendaftar di beberapa fakultas di antaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan lainnya.

Selain menjaring atau memperbanyak mahasiswa dari luar negeri, Unand juga mengirimkan mahasiswa dan dosen ke luar negeri. Tidak hanya itu, universitas yang didirikan pada tahun 1956 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta tersebut juga memperbanyak dosen untuk mengajar di kampus tersebut.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan Unand membuka kesempatan dan peluang kerja sama terhadap para lulusan luar negeri untuk berbagai pengembangan setelah menamatkan studi di kampus tersebut.

"Salah satu wujud kerja sama tersebut ialah melalui kedutaan besar Indonesia di negara asal mahasiswa itu," ujarnya.

Dalam wisuda III tahun 2023 tersebut, Unand mewisuda lima mahasiswa asal luar negeri. Pertama, Nor Azuan Bin Mohd Salim mahasiswa Fakultas Kedokteran, Program Studi Pendidikan Profesi asal Malaysia.

Kedua, Solehah Binti Mohd Shahruddin Fakultas Kedokteran, Program Studi Pendidikan Profesi asal Malaysia. Berikutnya, Muhammad Arif Shah Bin Jamaludin dari Fakultas Kedokteran, Program Studi Pendidikan Profesi asal Malaysia.

Mahasiswa luar negeri berikutnya ialah Nguyen Ngoc Thanh Nguyen mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Industri Pertanian asal Vietnam, dan terakhir Hnin Phyu Wai mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Biologi asal Myanmar.


Baca juga: Tujuh Prodi di Unand peroleh akreditasi internasional FIBAA

Baca juga: Unand ajukan delapan prodi ikuti akreditasi internasional

Baca juga: Mahasiswa Unand peringati Hari Perdamaian Dunia

Baca juga: Kemlu-Unand kerja sama terkait hukum internasional

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023