Kami membentuk unit reaksi cepat (URC) motor
Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI melakukan patroli untuk menjaga keamanan di Jakarta Selatan (Jaksel) dalam rangka menyambut Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 Perhimpunan Bangsa-bangsa Asian Tenggara (ASEAN) pada 5-7 September 2023.

"Kami membentuk unit reaksi cepat (URC) motor dan mengecek kesiapan kendaraan operasional Satpol PP Jakarta Selatan," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin kepada wartawan di Jakarta, Minggu.

Selain itu, dia menambahkan pihaknya juga memastikan kesiapan sarana dan prasarana pendukung agar persiapan semakin maksimal.

Terlebih, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan ketentraman dan ketertiban umum sehingga para anggota Satpol PP juga diminta untuk bekerja secara profesional dan terukur.

"Sebagai penegak peraturan, anggota Satpol PP harus bersikap humanis, namun tegas saat menjalankan tugasnya," tambahnya.

Baca juga: Mal diimbau tampilkan logo HUT Jakarta dan KTT ASEAN

Sementara itu, Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Nanto Dwi Subekti mengatakan telah dibentuk tim URC motor yang terdiri dari 60 personel khusus.

“Tim URC motor kita fokuskan patroli di sejumlah titik pada tiap kecamatan,  kita juga dirikan posko penjagaan,” ujar Nanto.

Nanto menuturkan kehadiran tim URC motor ini mampu merespon cepat gangguan maupun pelanggaran ketertiban umum lebih dini yang dimulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB setiap harinya.

Selain itu, tim URC Ini juga berjaga di posko penjagaan pada beberapa titik, menyesuaikan lokasi patroli yakni zona satu mulai dari Taman Budaya Dukuh atas sampai lampu merah Patung Pemuda.

Posko penjagaan itu diperkuat personel Satpol PP Kecamatan Kebayoran Baru dan Setiabudi untuk menambah pengamanan di wilayah tersebut.

Baca juga: Jaksel terus percantik Jalan Sisingamangaraja sambut KTT ASEAN

Lalu, posko penjagaan zona dua yakni dari Semanggi-Gatot Subroto-MT Haryono hingga wilayah perbatasan Jakarta Timur yang diperkuat personel Satpol PP Kecamatan Tebet, Mampang dan Pancoran.

Kemudian, tenda posko penjagaan lainnya yang juga dilengkapi meja, kursi dan perlengkapan di sejumlah perempatan lampu merah hingga jalur lintasan delegasi KTT Asean di Jakarta Selatan.

"Tidak hanya di zona kawasan unggulan, tapi juga kita dirikan di seluruh wilayah kecamatan,” katanya.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023