Kami berterima kasih
Jakarta (ANTARA) - Tokoh masyarakat Betawi mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada Lebaran Betawi, setelah tiga tahun absen akibat COVID-19.
 
"Kami bersyukur kegiatan yang dihadiri tokoh-tokoh Betawi seperti Fauzi Bowo ini berjalan lancar. Kami berterima kasih atas dukungan fasilitas yang telah diberikan Pemprov DKI," kata Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Beky Mardani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat Betawi ini diharapkan tetap terjalin harmonis dan Lebaran Betawi yang rutin digelar sejak 2011 ini dapat terus dijadikan agenda resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Beky mencontohkan, dukungan fasilitas yang diberikan Pemprov DKI Jakarta seperti bantuan sarana prasarana tenda, pengisi hiburan dan promosi.

Baca juga: Heru kenang pesan Fauzi Bowo untuk majukan organisasi Pemda DKI
Baca juga: Budayawan: Ada makna sakral yang memudar di balik Lebaran Betawi


Selain itu, kegiatan yang tahun ini dilaksanakan di kawasan Monas juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi Pemprov DKI Jakarta.

"Diharapkan hubungan dan dukungan yang telah berjalan dengan harmonis terus berlanjut hingga tahun-tahun ke depan," ujar Beky.
 
Apalagi ke depan, katanya, DKI Jakarta tidak lagi menjadi Daerah Khusus Ibu Kota karena sudah berpindah ke Nusantara di Kalimantan Timur. 

Menurut Beky, DKI Jakarta harus segera memperkuat budaya masyarakat intinya, yaitu Betawi agar tidak kehilangan arah dan memiliki identitas kebudayaan.

Baca juga: Heru ingatkan warga DKI jaga solidaritas untuk tingkatkan ekonomi
Baca juga: Lebaran Betawi digelar di Monas pada 20-21 Mei

"Lebaran Betawi pada 2023 ini semoga bisa menjadi momentum kita memperkuat masyarakat inti Jakarta, Betawi sehingga ke depan kita tidak lagi gagap ketika Ibu Kota benar-benar pindah," kata Beky.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023