Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta yang terjadi pada Kamis (18/5), mulai dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) terkait arak-arakan tim nasional (timnas) sepakbola SEA Games 2023 hingga Lebaran Betawi kembali digelar pada 20-21 Mei 2023 di Monumen Nasional (Monas).

Berikut rangkuman seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Dukcapil Jaksel sebut bisa aktifkan kembali KTP asalkan ada penjaminan

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdudkcapil) Jakarta Selatan menyebut warga bisa mengaktifkan kembali Kartu Tanda Penduduk (KTP) sepanjang memiliki tempat tinggal yang dibuktikan adanya surat penjaminan dari pemilik rumah.

"Yang penting warga melapor, sehingga KTP bisa kita aktifkan," kata Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Muhammad Nurrahman di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

2. Polisi siapkan rekayasa lalin terkait arak-arakan timnas pada Jumat

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) terkait arak-arakan tim nasional (timnas) sepakbola SEA Games 2023 yang berhasil meraih emas di Kamboja di beberapa ruas jalan Ibu Kota pada Jumat (19/5).

"Tentunya ada rekayasa lalu lintas khususnya jalur Sudirman-Thamrin. Besok juga jam kerja, tapi ini kan hari kejepit (libur), mudah-mudahan pengguna mobil berkurang, " kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

3. Lebaran Betawi digelar di Monas pada 20-21 Mei

Lebaran Betawi kembali digelar pada 20-21 Mei 2023 di Monumen Nasional (Monas) dengan mengusung tema “Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju” yang menawarkan ragam atraksi khas sekaligus menjadi ajang silaturahmi warga Jakarta.

"Di Lebaran Betawi inilah, bukan hanya orang Betawi, tapi sesama warga Jakarta dapat bertemu dan saling berinteraksi, termasuk dengan elemen-elemen Pemda DKI,” jelas H Beky Mardani, Ketua Panitia Lebaran Betawi dalam siaran resmi pada Kamis di Jakarta.

Selengkapnya di sini

4. JXB perkenalkan “The Tavia Collection” dukung pariwisata DKI Jakarta

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board/JXB) memperkenalkan "The Tavia Collection" sebagai hotel berkonsep budaya khas Jakarta untuk mendukung program pariwisata di Provinsi DKI Jakarta.

"Seiring dengan pertumbuhan perekonomian Jakarta, 'The Tavia Collection' diluncurkan di momen yang sangat tepat. Terutama ketika pada 2024 Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota namun diberikan tugas khusus sebagai kota berbasis perekonomian,” kata Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta, Sri Haryati di Gedung Kesenian Jakarta dalam siaran resmi, Kamis.

Selengkapnya di sini

5. Ribuan pengunjung padati Kota Tua

Pengunjung dari dalam negeri maupun mancanegara memadati Kawasan Wisata Kota Tua di Taman Sari, Jakarta Barat, di hari libur nasional perayaan Kenaikan Isa Al Masih pada Kamis.

Berdasarkan data Pusat Informasi Kota Tua, hingga pukul 14.00 WIB, sebanyak 9.069 pengunjung memadati Kawasan Kota Tua. Pengunjung sebanyak itu terdiri atas 8.933 wisatawan domestik dan 136 wisatawan mancanegara.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023