Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta Jakarta Experience Board (JXB) meluncurkan fasilitas bernama Jakarta Creative Zone Riverview di dekat Stasiun BNI City, tepatnya di samping Sungai Ciliwung, Minggu.

Jakarta Creative Zone Riverview merupakan fasilitas terbaru dari JXB dan pemerintah sebagai zona kreatif untuk masyarakat sekitar. Fasilitas itu menjadi salah satu area yang difungsikan untuk wisata karena menghadirkan zona kreatif dan seni untuk dicoba oleh masyarakat.

“Lokakarya seni dan kreatif akan dihadirkan secara rutin dan berkala,” kata Direktur Utama JBX Novita Dewi saat peluncuran di Jakarta, Minggu.
Fasilitas "Jakarta Creative Zone Riverview" di dekat Stasiun BNI City, Jakarta, Sabtu (11/6/2023). ANTARA/Vinny Shoffa Salma/aa.


Selain menghadirkan fasilitas seni dan kreativitas, JXB melalui Jakarta Creative Zone Riverview turut mengajak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendirikan gerai makanan dan lokakarya di area tersebut. Fasilitas dalam area tersebut, antara lain area duduk bagi pengunjung, area berfoto, area melukis, area makanan, hingga toilet dengan konsep glass door atau terbuat dari kaca transparan.

Saat memasuki area Jakarta Creative Zone Riverview, pengunjung tidak akan dikenakan biaya.
JXB berupaya membuat area publik itu ramah bagi seseorang dengan disabilitas dan anak kecil karena dengan jalan dan tangga yang landai.
Fasilitas "Jakarta Creative Zone Riverview" di dekat Stasiun BNI City, Jakarta, Sabtu (11/6/2023). ANTARA/Vinny Shoffa Salma/aa.

Fasilitas "Jakarta Creative Zone Riverview" di dekat Stasiun BNI City, Jakarta, Sabtu (11/6/2023). ANTARA/Vinny Shoffa Salma/aa.


Meskipun tidak dikenakan biaya masuk, beberapa aktivitas di dalamnya, seperti lokakarya kerajinan tangan dan gerai makanan akan dikenakan biaya yang bervariasi. Fasilitas toilet glass door juga dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000

Untuk pembayaran, pengunjung dapat membayar secara tunai maupun QRIS.

Pengguna tidak perlu khawatir, walaupun toilet di area ini berkonsep glass door, ketika pintu terkunci secara otomatis kaca toilet akan memburam dan tidak akan terlihat dari luar. Bahkan, ketika mati lampu, toilet akan memburam secara otomatis dan tetap aman saat digunakan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata menyampaikan apresiasinya atas pembangunan Jakarta Creative Zone Riverview. Menurut dia, pembangunan area di samping Sungai Ciliwung sangat tepat karena sejarah Ciliwung yang panjang dan menjadi bagian penting di Jakarta.

“Mengesankan, dengan fasilitas modern dan infrastruktur yang memadai,” kata Andhika.

Baca juga: JXB sediakan beragam fasilitas publik baru di "Jakarta Creative Zone"

Baca juga: JXB perkenalkan "The Tavia Collection" dukung pariwisata DKI Jakarta

Baca juga: Uji coba Stasiun BNI City untuk penumpang KRL berjalan lancar

Baca juga: Integrasi transportasi di JIS membuka ruang interaksi publik

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023