Tidak perlu jauh-jauh ke Brooklyn di Amerika
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta bidang pariwisata, Jakarta Experience Board (JXB) menyediakan beragam fasilitas publik baru, seperti toilet pintar (smart toilet), area usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan fasilitas lainnya pada kanal kreatif "Jakarta Creative Zone Riverside by JXB" di Ibu Kota.

Direktur Utama JXB, Novita Dewi di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa kanal itu terletak di  pertemuan Jalan Sudirman dan Sungai Ciliwung, RT.11/RW.20, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Jakarta Creative Zone edisi 'riverside' dari JXB kali ini dibangun sepanjang 150 meter pada sepanjang sisi Sungai Ciliwung dan akan ditambah sepanjang 600 meter ke arah Stasiun Karet," ungkap Dewi.

JXB atau yang dikenal juga sebagai PT Jakarta Tourisindo adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak di sektor pariwisata dan perhotelan serta ekonomi kreatif.

Dewi mengatakan, zona ini akan mewadahi aktifitas kreatif dan seni dan pada Minggu ini juga ada "workshop" dengan tema serupa dan nantinya akan diadakan secara rutin dan berkala.

Baca juga: JXB perkenalkan "The Tavia Collection" dukung pariwisata DKI Jakarta

"Zona ini juga memberikan ruang bagi para pelaku usaha untuk hadir di salah satu pusat keramaian sehingga mendorong perekonomian usaha kuliner dan ekonomi kreatif," ungkapnya.

Selain itu, terdapat juga area untuk duduk dan berkumpul sehingga fasilitas ini bisa menjadi ruang interaksi dan menghidupkan suasana kota sembari menikmati matahari terbenam di sisi Sungai Ciliwung.

Ia menambahkan, fasilitas tersebut juga dipersembahkan untuk menyambut ulang tahun ke-496 Jakarta.

Selain itu, di kanal serupa juga sudah dibangun di Taman Dukuh Atas dengan edisi lokal yang akan dilengkapi dengan informasi pariwisata Jakarta dan berbagai macam suvenir khas Jakarta.

"Kami berterima kasih kepada Pemprov DKI dan para kolaborator atas semua dukungan," katanya.

Baca juga: JXB-Iwapi kerja sama pengembangan industri pariwisata di DKI Jakarta

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Pratama mengatakan "Jakarta Creative Zone Riverside by JXB" dengan segala fasilitas publik yang disediakan akan memberi pengaruh positif bagi masyarakat, para pemangku kepentingan dan wisatawan. 

Zona ini, lanjut dia, akan menjadi zona inspirasi dan sinergi serta penguatan ekonomi DKI Jakarta.

"Tidak perlu jauh-jauh ke Brooklyn di Amerika. Indonesia sudah punya di Jakarta. Mari kita viralkan fasilitas positif ini," tandasnya.

Pewarta: Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023