sebagai tahap awal implementasi kerja sama pengelolaan air limbah  dilakukan di Hotel Grand Cempaka Business yang saat ini sedang tahap renovasi.
Jakarta (ANTARA) - BUMD Provinsi DKI Jakarta, PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board/JXB) dan Perumda Paljaya bekerjasama mengolah air limbah pada unit-unit hotel milik JXB untuk menjaga lingkungan di Ibu Kota agar tetap sehat.

"Pengelolaan air limbah ini merupakan komitmen kami terhadap lingkungan agar tetap terjaga kebersihan dan tidak mengganggu masyarakat sekitar," kata Direktur Utama JXB Novita Dewi dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu.

Novita menerangkan pengelolaan air limbah  sangat penting agar pelayanan terhadap tamu-tamu hotel menjadi lebih maksimal.

Hal ini, jelas Novita, juga  sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk menjaga lingkungan sekitar hotel agar selalu bersih dan lestari.

Dia menambahkan sebagai tahap awal implementasi kerja sama pengelolaan air limbah  dilakukan di Hotel Grand Cempaka Business yang saat ini sedang tahap renovasi.

"Kami ingin hotel ini pelan-pelan akan menuju sebagai bangunan ramah lingkungan yang hemat energi, memiliki pengelolaan air limbah mandiri, memiliki pula pengelolaan sampah serta hemat air," tambahnya.

Sejalan dengan JXB, Direktur Utama Perumda Paljaya Aris Supriyanto menyambut baik kerjasama ini lantaran JXB sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pariwisata sudah seharusnya memiliki pengelolaan air limbah yang baik.

Menurut Aris, pengelolaan air limbah dalam jangka panjang dapat memberikan keuntungan karena dapat menghemat biaya untuk pemakaian air.

Bahkan, dia menyebutkan dengan adanya fasilitas pengelolaan air limbah bisa menghemat biaya pemeliharaan  gedung ke depannya.

"Air limbah yang didaur ulang dapat dimanfaatkan menjadi air bersih non konsumsi untuk menyiram tanaman, membilas toilet, hidran pemadam kebakaran sehingga  bisa memberikan penghematan secara signifikan terhadap biaya gedung," ujar Aris.

Perumda Paljaya berharap dapat bekerjasama dengan hotel-hotel di bawah JXB yang lainnya sebagai  bentuk sinergi BUMD DKI Jakarta agar  saling memperkuat usaha sehingga hasil akhirnya dapat memperkuat ekonomi Jakarta.

Kerja sama kedua BUMD ini dituangkan dalam naskah nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani kedua direksi yakni Direktur Utama JXB Novita Dewi dan Direktur Utama Perumda Paljaya Aris Supriyanto.
Baca juga: Perumda Paljaya bangun pipa pengolahan air limbah di TB Simatupang
Baca juga: Perumda Paljaya tingkatkan kualitas sanitasi di Jakarta
Baca juga: Kawasan Pelabuhan Nusantara Terpadu dibangun di Bekasi

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023