dengan adanya akses yang sudah tersambung dengan Tol Cisumdawu, maka ada peluang besar untuk menambah frekuensi penerbangan
Bandung (ANTARA) -
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat berharap penerbangan dengan rute Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia, di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, bertambah dari dua kali seminggu menjadi lima kali dalam seminggu.
 
"Kami optimistis dengan adanya akses yang sudah tersambung dengan Tol Cisumdawu, maka ada peluang besar untuk menambah frekuensi penerbangan. Ini karena dinilai bisa memudahkan bagi sebagian masyarakat Jawa Barat atau Jawa Tengah," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  (Disparbud) Jawa Barat (Jabar)  Benny Bachtiar ketika dihubungi di Bandung, Senin.

Sebelumnya BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka pada Rabu (17/5) membuka layanan penerbangan perdana dengan rute Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia.
 
Menurut Benny, Kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) yang menaungi Kertajati memiliki beragam potensi wisata yang menarik yakni mulai dari wisata kuliner, religi dan budaya.
 
"Semoga secepatnya aktivitas Kertajati akan semakin ramai dan memberikan manfaat baik bagi pemerintah itu sendiri maupun masyarakat,” kata Benny.

Baca juga: Penerbangan haji 2023 dari Bandara Kertajati dimulai pada 28 Mei

Baca juga: AP II sebut Bandara Kertajati berangkatkan 144 jamaah umrah
 
Sebelumnya VP Corporate Secretary & General Administration PT BIJB Dian Nurrahman mengatakan pada Rabu (17/5), Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, membuka layanan penerbangan perdana dengan rute Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia.
 
"Ini adalah penerbangan yang ditunggu-tunggu," kata Dian.
 
Dian menuturkan saat ini penerbangan Kertajati-Kuala Lumpur baru dilakukan sebanyak dua kali dalam satu minggu yakni setiap hari Rabu dan Minggu.
 
Pihaknya berharap Bandara Kertajati dapat menambah penerbangan rute Kertajati-Kuala Lumpur dari dua menjadi tiga hingga lima kali dalam seminggu.
 
Dalam penerbangan perdana rute Kertajati-Kuala Lumpur, sebanyak 125 penumpang menggunakan layanan itu.
 
Jumlah tersebut, kata Dian, tergolong cukup banyak untuk sebuah penerbangan perdana.
 
"Untuk jumlah penumpang cukup banyak, data terakhir 125 pax ke Kuala Lumpur," ujar dia.

Baca juga: Bandara Kertajati layani penerbangan Bandung-Kuala Lumpur mulai 17 Mei

Baca juga: AP II: Bandara Kertajati siap layani penerbangan umrah dan haji
 
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023