Pekanbaru (ANTARA) - Siswa MTsN 1 Pekanbaru, yakni Abiyyu Hadziq Al Hafizh, meraih medali emas pada ajang Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang dilaksanakan Universitas Indonesia di Jakarta, Sabtu (20/5).

"Selamat kepada ananda Abiyyu Hadziq Al Hafizh yang berhasil meraih medali emas dalam cabang IPS KOSSMI Nasional di Universitas Indonesia. Ini membuktikan kemajuan anak- anak madrasah di Riau luar biasa karena telah mampu mengharumkan nama daerah pada tingkat nasional," kata Kepala Kemenag Riau Mahyudin di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: 446 siswa ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2022

Ia mengatakan, selain Abiyyu, pada ajang yang sama Tanaya Endah Laksmiwati meraih medali perak. Kepada pemenang ia meminta agar tetap mempertahankan prestasi yang mereka raih tersebut.

Kepala MTsN 1 Kota Pekanbaru Irwan Efendi menyebutkan, MTsN 1 Kota Pekanbaru menjadi perwakilan pada ketiga cabang lomba, dua di antaranya berhasil meraih juara yaitu Abiyyu Hadziq Al Hafizh berhasil meraih Medali emas dengan skor tertinggi cabang IPS dan Tanaya Endah Laksmiwati meraih medali perak pada cabang IPA.

Baca juga: Kemendikbudristek: KSN ajak siswa menjelajah kerumitan sains

KOSSMI Tahun 2023 diselenggarakan pada 19-21 Mei 2023 di Universitas Indonesia, bekerja sama dengan Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS), bertujuan untuk menyediakan ruang bagi siswa muslim mengembangkan bakat dan minat di bidang sains IPS, IPA dan matematika.

"Alhamdulillah dari tiga orang utusan kita yang mewakili Riau dua siswa berhasil meraih medali emas dan perak setelah bersaing ketat dengan ratusan peserta lain dari seluruh Indonesia berasal dari madrasah, pesantren dan sekolah umum maupun homeschooling," katanya.

Baca juga: 2.179 siswa ikut Kompetisi Sains Nasional 2021

Prestasi yang mereka raih juga berkat kerja keras pelajar, guru pembimbing, dukungan orang tua dan doa masyarakat Riau.

Sebelumnya, Sekretaris Menteri Agama RI H.M. Sidik Sisdiyanto, M.Pd pada penutupan kegiatan KOSSMI 2023 menyampaikan selamat atas capaian prestasi yang diraih oleh siswa MTsN 1 Kota Pekanbaru yang membawa medali Emas dan Perak pada KOSSMI 2023.

"Selamat atas keberhasilan ananda, semoga dengan prestasi yang telah diraih dapat menginspirasi siswa-siswa yang lain untuk mengembangkan potensi diri dan dapat meraih prestasi hebat lain," demikian Sidik. ***3*** T.F011

Baca juga: 374 siswa ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021
Baca juga: Menag akan buka kompetisi sains madrasah Palembang

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023