Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Selasa (23/5), mulai dari tujuh orang korban penipuan tiket konser Coldplay menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri hingga Kapolda Sulbar mengajak personelnya mewujudkan cita-cita perjuangan nasional.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. Bareskrim periksa 7 korban penipuan tiket konser Coldplay

Penyidik Bareskrim Polri melakukan pemeriksaan kepada tujuh orang korban dugaan penipuan penjualan daring tiket daring konser grup band Coldplay, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Kuasa hukum korban, Muhammad Zainul Arifin, mengatakan pemeriksaan hari ini untuk Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terkait laporan yang dilayangkan pihaknya pada Jumat (19/5) lalu.

"Untuk saat ini yang melakukan ataupun yang memberi advokasi kepada kami yang awalnya 14 orang kemudian bertambah menjadi 60 orang, dengan nilai kerugian awalnya Rp32 juta menjadi Rp183 juta," ungkap Zainul.

Selengkapnya klik di sini.

2. Lemhannas mulai kaji revisi UU TNI, dua topik jadi sorotan

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI mulai mengkaji wacana revisi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam sebuah forum diskusi (FGD) di Jakarta, Selasa.

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat ditemui selepas memimpin upacara Hari Jadi Ke-58 Lemhannas RI di Jakarta, Selasa, menjelaskan ada dua variabel/topik yang menjadi sorotan, yaitu kemungkinan adanya perubahan karakter perang dan hubungan sipil-militer dalam kerangka konsolidasi demokrasi.

Selengkapnya klik di sini.

3. Polda Riau: Pengendali sabu 411 kg dibekuk di Malaysia

Kepolisian Daerah Riau menyatakan pengendali peredaran 411 kilogram sabu-sabu atas nama Marno yang sudah buron cukup lama, diamankan di Negara Bagian Johor, Malaysia

Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Pol Yos Guntur, Senin, menjelaskan tersangka ditangkap oleh Kepolisian Johor dengan barang bukti 62 kg sabu. Selain Marno, pihaknya turut meringkus beberapa pelaku jaringan Marno termasuk anak dan istrinya yang juga terlibat dalam pengendalian ratusan kilogram sabu.

"Kami berhasil amankan anak dan istrinya di Dumai, beberapa saat setelah kembali dari Malaysia. Dia ini memang DPO kita," kata Yos Guntur.

Selengkapnya klik di sini.

4. Jaksa: Dua anggota DPRD Palu dimintai keterangan bon hotel fiktif

Kejaksaan Negeri (Kejari) Palu kembali memintai keterangan terhadap dua anggota DPRD Kota Palu, Sulawesi Tengah terkait bon hotel fiktif.

"Dua anggota DPRD ini masih sebatas memberikan keterangan," kata Kasiintel Kejari Palu Nyoman Purya, di Palu, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

5. Kapolda Sulbar ajak personelnya wujudkan cita-cita nasional

Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Sulbar), Irjen Polisi Drs Verdianto I Bitticaca M Hum mengajak personelnya mewujudkan cita-cita perjuangan nasional untuk kemajuan bangsa.

"115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai Negara mulai menyala, hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi perjuangan nasional," kata Kapolda Sulbar, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, perjuangan nasional tersebut menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan seluruh pejuang kemerdekaan bersatu di dalamnya.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023