Jakarta (ANTARA) - Sederet musisi dari berbagai negara sebut saja Korea Selatan, Jepang, Thailand dan Inggris menyambangi Indonesia baik untuk mengadakan konser solo maupun menjadi penampil dalam sebuah festival musik pada tahun 2023.

Di antara nama-nama ini, ada yang baru pertama menginjakkan kaki di Indonesia ini dan mencuri perhatian publik tanah air karena dinantikan lebih dari dua dekade kedatangannya sehingga menjadi pemberitaan di berbagai media nasional.

Berikut sejumlah nama seperti yang dihimpun ANTARA;

Korea Selatan

Penyanyi idola K-pop Kim Tae-yeon atau Taeyeon berkesempatan tampil solo perdana di Indonesia dalam gelaran konser "The ODD of LOVE in JAKARTA" pada 22 Juli 2023, sejak pertemuan terakhir dengan para penggemarnya di "Countdown Asian Games 2018" pada tahun 2017.

Baca juga: Krist Perawat: Ayam goreng di sini enak banget!

Baca juga: Sabtu malam bersama Hwang Min-hyun di Jakarta


Dalam konser itu, dia membawakan sekitar 25 lagu dan sebagian merupakan lagu dalam album ketiganya, berjudul "INVU" yang dirilis tahun 2022. Selain tampil menyanyi, Taeyeon juga menghibur penggemar dengan mengucap kata dalam Bahasa Indonesia.

Grup idola K-pop aespa juga termasuk salah satu dalam daftar idola K-pop yang baru kali pertama mengadakan konser di Indonesia pada tahun 2023. Mereka tampil dalam konser bertema "Synk: Hyper Line in Jakarta” di ICE BSD City pada 24 Juni lalu.

Di antara lagu-lagu yang mereka nyanyikan kala itu, “Yeppi Yeppi" salah satunya. Para anggota aespa yaitu; Karina, Giselle, Winter, dan Ningning bersama-sama tampil dengan ceria dan ajak penonton untuk merasakan alunan lagunya yang semangat dan ceria.
 
Grup band asal Korea Selatan aespa tampil di hadapan penggemarnya saat konser di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (24/6/2023). Grup band yang beranggotakan Karina, Giselle, Winter, dan NingNing tersebut menggelar konser pertamanya di Indonesia. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.



TREASURE pun masuk dalam daftar idola K-pop yang perdana mengadakan konser di Indonesia tahun 2023. Konser solo pertama mereka di Indonesia menjadi bagian dalam tur "2023 TREASURE TOUR (HELLO)" itu berlangsung dua hari yakni 18 - 19 Maret 2023 dengan total durasi tampil selama sekitar lima jam.

Baca juga: P1Harmony buka konser di Jakarta dengan lagu "Look At Me Now"

Baca juga: Fakta-fakta menarik Nanon Korapat, dari pendidikan sampai hobi


Berbagai momen mereka hadirkan dalam perjumpaan kali kedua dengan para penggemar yang disebut TREASURE MAKER (TEUME) itu, salah satunya kala membawakan lagu "ORANGE" yang diiringi live band.

Nama-nama grup idola K-pop lainnya yang juga perdana menemui para penggemarnya di Indonesia antara lain MIRAE, P1Harmony, Kep1er, NMIXX, penyanyi sekaligus pembetot bas band DAY6 Young K, penyanyi idola WOODZ, dan solois pop R&B asal Korea Selatan, Junny

Selain mereka ada juga subunit grup idola K-pop EXO, EXO-SC yang beranggotakan Chanyeol dan Sehun dalam "EXO-SC BACK TO BACK FANCON” di Jakarta pada 4 Februari 2023. Dalam penampilan pertama sebagai subunit ini di hadapan para penggemar di Jakarta, mereka menampilkan sejumlah lagu, termasuk lagu debut mereka "What a life".

Tak hanya yang perdana, konser para musisi agensi SM Entertainment "SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @JAKARTA" di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada 23 September lalu menjadi ajang membangkitkan nostalgia sejak "SMTOWN Live World Tour III" di Indonesia yang diadakan 11 tahun lalu.

Artis-artis SM yang tampil kala itu yakni duo idola TVXQ, grup idola K-pop Super Junior, Red Velvet, NCT 127, NCT DREAM, WayV, aespa dan RIIZE.

Penampilan TVXQ menjadi salah satu yang ditunggu khususnya penggemar sejak konser solo mereka pada Agustus 2019. Malam itu, Changmin dan Yunho menyanyikan antara lain "Keep Your Head Down", "Rising Sun", "Somebody to Love" , serta "HIYAYA" dan "Balloons".
BLINK sulap Stadion Utama GBK jadi lautan pink saat konser BLACKPINK World Tour [BORN PINK] di Stadion Utama GBK, Sabtu (11/3) malam. (ANTARA/Suci Nurhaliza)


Lalu, kendati bukan kedatangan yang pertama, konser grup BLACKPINK tak bisa dilupakan tahun ini karena berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGK) dan menjadikan mereka idola K-pop pertama yang mengadakan konser di sana.

Para penggemar atau disapa BLINK menyulap area konser khususnya pada hari pertama yakni 11 Maret 2023 menjadi lautan merah muda dan ini memukau para personel BLACKPINK.

Tak hanya idola K-pop, sejumlah aktor Negeri Ginseng datang ke Indonesia tahun ini melalui gelaran jumpa penggemar pertama antara lain Kim Seon-ho, Kim Mingue, Hwang Min-hyun, Jung Hae-in, Ahn Hyo-seop, Lee Junho, Lee Jae-wook dan Lee Je-hoon.

Baca juga: Yesung tutup konser solo di Jakarta dengan lagu "I am"

Baca juga: JO1 di Jakarta, bahas ikan bumbu pedas hingga sawah


Jepang

Beralih ke Negeri Sakura, grup idola J-pop JO1 menjadi salah satu pesohor yang tampil di Indonesia untuk kali pertama, melalui konser bertema "BEYOND THE DARK - LIMITED EDITION" pada 1 November 2023 di Jakarta.

Ada berbagai hal menarik yang terjadi selama konser, salah satunya saat musik pengiring berhenti di tengah JO1 menampilkan "Venus". Hal ini bahkan sempat dibahas para personel grup dalam sebuah acara di Jepang beberapa waktu setelah konser.
 
Grup idola J-pop JO1 saat tampil dalam konser bertema "BEYOND THE DARK - LIMITED EDITION" di Jakarta pada Rabu (1/11) malam. Ini menjadi konser pertama mereka di Indonesia sekaligus pembuka tur konser Asia perdana. (Twitter/@official_jo1)



Selain mereka ada juga grup vokal, tari dan rap PSYCHIC FEVER from EXILE TRIBE yang menjadi salah satu penampil dalam festival musik "Asian Sound Music Syndicate (ASS) Vol.2" di Jakarta pada 26 Agustus 2023.

Dalam penampilan perdana di Indonesia itu, mereka membawakan sejumlah lagu termasuk lagu tema untuk film aksi Jepang "HiGH&LOW THE WORST X" berjudul "WARRIORS" dan "BAKU BAKU".

Mereka lalu kembali ke Indonesia, menjadi salah satu penampil dalam festival "Jak-Japan Matsuri 2023" pada 19 November 2023.

Selain JO1, ada grup idola beraliran metal BABYMETAL yang menyuguhkan penampilan enerjikdi hadapan para penggemar Indonesia.

Penampilan mereka dibuka dengan membawakan lagu "BABYMETAL DEATH" dan "Megitsune". Di tengah penampilan BABYMETAL membawakan lagu "Megitsune", Sumetal menyapa para penonton menggunakan Bahasa Indonesia.

Grup tari dan vokal asal Jepang, Da-iCE juga tampil pertama kalinya di Indonesia tahun ini, melalui gelaran festival Jak-Japan Matsuri 2023 pada 18 November 2023.

Baca juga: Vokalis BMTH ungkap alasan hentikan konser di Jakarta

Grup yang digawangi oleh Sota Hanamura, Yudai Ohno, Taiki Kudo, Hayate Wada, dan Toru Iwaoka ini memulai aksi panggungnya dengan sejumlah lagu, salah satunya “Funky Jumping”.

Selain Da-iCE ada juga grup musik beraliran rock alternatif Asian Kungfu Generation yang mengadakan konser perdana di Indonesia pada 18 Agustus 2023. Band yang terdiri dari vokalis Masafumi Gotoh, gitaris Kensuke Kita, basist Takahiro Yamada, dan drummer Kiyoshi Ijichi itu membawakan sebanyak 19 lagu.

Band rock Radwimps juga datang pertama kali ke Indonesia melalui Asian Tour 2023 pada 30 Juli lalu.

Barat

Konser grup band asal Inggris Coldplay pada 15 November lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta bisa dibilang menjadi buah penantian para penggemar mereka selama lebih dari dua dekade.
 
Vokalis grup band Coldplay Chris Martin beraksi saat membawakan hits andalannya dalam konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)


Band beranggotakan Chris Martin (vokal, gitar, piano), Guy Berryman (bass), Jonny Buckland (lead guitar) dan Will Champion (drum) itu tampil selama lebih dari dua jam membawakan sekitar 20 lagu terpopulernya dalam konser bertema "Music of the Spheres Tour 2023”.

Sang vokalis tak hanya unjuk kemampuan menyanyi, tetapi juga berpantun yang menuai gelak tawa penonton.

Di sisi lain, ada berbagai hal menarik tersaji selama konser antara lain keputusan grup mengganti bendera pelangi dengan bendera berwarna putih bertuliskan “Love” yang berarti cinta hingga penampilan grup band jazz soul Maliq & D'Essentials.

Konser band folk rock asal Irlandia The Corrs pada 18 Oktober 2023 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta juga masuk dalam daftar yang dinantikan penggemar mereka di Indonesia, setelah mereka sempat vakum selama 18 tahun dari industri musik.

The Corrs menghibur para penggemar di Indonesia dalam rangkaian konser bertajuk "The Corrs Live in Jakarta 2023" dengan menampilkan berbagai lagu populer seperti "Summer Sunshine", "Angel" dan "Love to Love You".

Berbicara konser yang dinantikan di Indonesia, ada unit garage rock asal Manhattan, New York, The Strokes. Kedatangan band beranggotakan Julian Casablancas, Albert Hammond Jr., Nick Valensi, Nikolai Fraiture dan Fabrizio Moretti pada Juli 2023 telah dinantikan para penggemar selama lebih dari dua puluh tahun.

Baca juga: Chen EXO siap buat kenangan indah bersama penggemar malam ini

Baca juga: NCT 127 bicara soal proyek baru hingga konser di Jakarta tahun 2024


Mereka menjadi salah satu penampil dalam festival musik We The Fest (WTF) 2023 yang diadakan 21-23 Juli 2023.

Di sisi lain, konser band Bring Me The Horizon (BMTH) di Jakarta pada 10 November 2023 walau bukan untuk kali pertama rasanya harus masuk dalam daftar, mengingat kejadian pahit yang harus terjadi di tengah konser.

Konser mereka dihentikan pada hari pertama akibat kericuhan penonton dan berujung pada pembatalan total konser di hari kedua yang seharusnya berjalan pada 11 November 2023. Vokalis band Oliver Sykes mengatakan keputusan ini diambil akibat kekhawatiran dari kru BMTH dan penyelenggara.
Aktor Thailand Phuwin Tangsakyuen dalam konser "GMMTV MUSICON IN JAKARTA" di salah satu hotel kawasan Jakarta Barat, Sabtu (16/12/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Thailand

Satu per satu para pesohor asal Thailand diboyong ke Indonesia untuk menemui para penggemar mereka tahun ini untuk kali pertama seperti penyanyi Jeff Satur melalui konser solo "Live On Saturn" pada 4 Februari 2023 di Jakarta.

Jeff mengatakan bahwa ia sangat senang dapat menggelar konser pertamanya di Indonesia dan bertemu langsung dengan para penggemarnya, Saturdayss. Indonesia memang menjadi negara pertama yang didatangi Jeff untuk tur konser "Live On Saturn".

Selain Jeff, ada grup band Tilly Birds yang menghibur para penggemarnya pada 15 Juli 2023 melalui konser “Tilly Birds Live in Jakarta”. Kala itu, mereka membawakan 23 lagu termasuk beberapa lagu andalannya seperti “Until Then”, “Same Page”, “Just Being Friendly”, “Slipped Your Mind” dan “Ordinary”.

Sementara itu, tahun 2023 menjadi kali kedua penyanyi Nanon Korapat berkunjung ke Jakarta. Namun, ini kali pertamanya mengadakan sebuah acara, dengan format fan meeting dan concert, bertema "NANON 1ST SOLO FANCON IN JAKARTA" pada 30 September 2023 di Jakarta.

Nanon tampil selama sekitar satu jam membawakan lebih dari 10 lagu, beberapa di antaranya “YOUniverse”, “Knock Knock”, “Love Score”, dan menutup penampilannya dengan lagu soundtrack serial “Bad Buddy” “Just Friend?”. Di sela acara, dia mengaku penasaran ingin mencoba jajanan khas anak-anak Indonesia, telur gulung.
 
Aktor Thailand Gulf Kanawut mengenakan beskap dalam acara jumpa penggemar "GULF KANAWUT FIRST FAN MEETING IN JAKARTA 2023 di ICE BSD City, Minggu (19/11/2023) malam. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Selain mereka, ada juga Gulf Kanawut, band Scrubb, sederet musisi dan bintang Thailand melalui konser bertajuk "GMMTV MUSICON IN JAKARTA" yakni Fluke Gawin Caskey, Fourth Nattawat Jirochtikul, Satang Kittiphop Sereevichayasawat, Ford Arun Asawasuebsakul, Earth Pirapat Watthanasetsiri, Phuwin Tangsakyuen dan boy group LYKN.

Selebritas Thailand lainnya juga memasukkan Indonesia dalam kunjungan perdana mereka ke Indonesia di luar agenda liburan, antara lain Mile” Phakphum, “Apo” Nattawin, “Bas” Asavapatr, dan “Tong” Thanayut kala mengadakan acara "The Magical ManSuang" pada 11 November 2023 di Jakarta.

Bas mengatakan sangat bahagia dan menjadikan kunjungan kali pertamanya ke Indonesia sebagai pengalaman tak terlupakan. Janji serupa juga dinyatakan Tong dan Apo.

Tahun 2024, tercatat sudah ada beberapa musisi dan idola K-pop yang berencana menyambangi Indonesia dan ada di antara mereka yang merupakan kunjungan perdana.

Baca juga: Sukses gebrak Jakarta, Coldplay: Penonton terbaik yang pernah ada

Baca juga: Intip gaya busana anggota TWICE saat tampil di Jakarta

Baca juga: Key SHINee: Akhirnya kita satu udara, nih!

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023