Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mengadakan bursa kerja (job fair) pada 23-24 Mei 2023 untuk menyerap pencari kerja yang biasanya meningkat usai Lebaran dan momentum kelulusan sekolah.

Kegiatan ini berlangsung di Mall Seasons City, Jalan Prof Dr Latumeten, Kelurahan Jembatan Besi, Kecamatan Tambora, selama dua hari mulai pukul 10.00-16.00. Kegiatan diikuti sebanyak 40 perusahaan dengan 1.832 lowongan pekerjaan untuk lulusan pendidikan SMA/sederajat hingga strata satu (S1).

Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Hendra Hidayat di Jakarta, Rabu, mengatakan, bursa kerja ini untuk merespon lulusan sekolah dan arus urbanisasi ke Jakarta yang terus bertambah.

Adanya lulusan sekolah dan arus urbanisasi ke Jakarta yang terus bertambah, setiap tahun pencari kerja di wilayah Jakarta juga semakin bertambah.

"Untuk itu, kiranya para pencari kerja, baik yang baru lulus sekolah atau kuliah maupun karena arus urbanisasi yang datang ke Jakarta untuk mencari kerja dapat diimbangi dengan kompetensi," katanya.

Baca juga: Jakarta Barat gelar bursa kerja tiga kali tahun ini

Hal itu agar dapat memenuhi kriteria persyaratan yang diinginkan oleh perusahaan hingga dapat diterima di perusahaan yang diinginkan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) telah merencanakan program-program untuk mengatasi tingginya jumlah pencari kerja. Salah satunya dengan pelaksanaan "Job Fair 2023" yang dilakukan Suku Dinas (Sudin) Nakerstransgi Jakarta Barat di Mall Seasons City.

Kegiatan ini dilakukan untuk memfasilitasi atau mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan.

"Untuk itu 'job fair' Jakarta Barat ini dapat bermanfaat sehingga dapat mengurangi angka pencari kerja," ujarnya.

Baca juga: Pemkot: 1.249 warga dapat pekerjaan dari dua kegiatan bursa kerja

Kepala Sudin Nakertransgi Jakarta Barat (Jakbar), Jackson Sitorus mengatakan, dalam bursa kerja tersebut, sebanyak 1.832 lowongan pekerjaan disiapkan.

"Kegiatan 'Job Fair 2023' gelombang pertama ini dibuka di Mall Seasons City selama dua hari, 23-24 Mei mulai pukul 10.00-16.00. Kegiatan diikuti sebanyak 40 perusahaan dengan 1.832 lowongan pekerjaan untuk pendidikan SMA/sederajat hingga strata satu (S1)," ungkapnya.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memfasilitasi atau mempertemukan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja untuk membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan.

Dia mengatakan, bursa kerja dapat mengurangi angka pengangguran di DKI Jakarta. Untuk bursa kerja gelombang pertama hingga saat ini peserta pencari kerja yang sudah terdaftar sebanyak 3.000.

"Diharapkan dapat terus bertambah hingga mencapai sekitar 4.000 orang," katanya.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023