Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie menilai narkoba adalah musuh besar bangsa Indonesia yang bisa menyerang siapa saja tidak hanya politisi dan artis.

"Siapa pun dari profesi apapun bisa terserang bahaya narkoba," kata Marzuki Alie di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Marzuki mengatakan hal itu menanggapi tertangkapnya sejumlah artis yang diduga menggunakan narkoba di kediaman artis Raffi Ahmad, pada Minggu (27/1) dini hari.

Menurut Marzuki, narkoba adalah musuh terbesar kedua bangsa Indonesia setelah korupsi, sehingga harus terus diperangi bersama.

"Guna memberantas bahaya narkoba, harus dimulai dari lingkungan terkecil yakni diri sendiri dan keluarga," ucapnya.

Jika di lingkungan keluarga mampu mencegah bahaya narkoba, menurut dia, maka penetrasi bahaya narkoba bisa diminimalisasi.

Menurut dia, penyebaran narkoba terjadi secara masif kepada semua profesi, sehingga pemberantasannya pun harus secara masif.

"Korban bahaya narkoba tidak hanya politisi dan artis, tapi bisa menyerang semua profesi, dan bahkan generasi muda seperti mahasiswa dan pelajar juga bisa terserang," tukasnya.

Ketika ditanya soal bahaya narkoba pada calon anggota legislatif (caleg), menurut Marzuki, untuk menjadi caleg ada proses dan penjenjangan sehingga tidak serta-merta seseorang menjadi caleg.

Jika seseorang ditengarai menjadi pengguna narkoba, menurut dia, partai politik bisa mencegahnya pada masa penjenjangan tersebut.

(R024)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013