Penyaluran KUR paling banyak oleh BRI dengan capaian Rp2,4 triliun selama empat bulan terakhir.
Makassar (ANTARA) - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi Selatan (Sulsel) merilis penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Sulsel sebesar Rp3 triliun dengan total 59.450 debitur hingga April 2023.

Kepala Kanwil DJPb Sulsel Supendi melalui keterangannya, di Makassar, Jumat, mengatakan bahwa sektor usaha pertanian, perburuan dan kehutanan masih menjadi sektor terbesar untuk penyaluran KUR.

"Sektor ini telah mencatat sebanyak 29.690 debitur dengan jumlah dana sebesar Rp1,32 triliun," kata dia.

Selain itu, penyaluran kredit usaha ini juga banyak menyentuh sektor perdagangan besar dan eceran, yakni 18.423 debitur sebesar Rp1,04 triliun.

Penyaluran KUR paling banyak oleh BRI dengan capaian Rp2,4 triliun selama empat bulan terakhir, kemudian disusul Bank Mandiri Rp323,74 miliar serta bank lainnya.

Salah satu pengguna KUR, yakni Angel, pelaku UKM kerajinan kain tenun khas Toraja, menyatakan pinjaman KUR yang diperoleh dari BRI menjadi modal untuk mengembangkan usahanya.

Bagi Angel, modal usaha menjadi salah satu penentu menumbuhkan usaha, sekaligus membuka peluang para pelaku UKM untuk terus mengembangkan usahanya.

Sebagai pelaku UKM binaan BRI, kepercayaan pihak perbankan kepadanya bukan tanpa alasan. Angel membuktikan bahwa pembinaan yang diberikan BRI selama ini sangat bermanfaat lewat berbagai karya yang dihasilkan.

"Syukur karena pinjaman ini bisa menambah untuk beli bahan, jadinya semakin banyak hasil kerajinan yang bisa kita buat dan dipasarkan," kata perempuan berumur 59 tahun ini.

Sebagai perajin, Angle berhasil mencatat pendapatan sekitar Rp12 juta per bulan dengan omzet Rp20 juta per bulan. Sementara pada bulan lainnya, penghasilannya berkisar Rp8-10 juta per bulan.
Baca juga: Pemprov Sulsel hingga triwulan III salurkan dana PEN Rp16,48 triliun
Baca juga: Penerimaan PNBP BLU di Sulsel per April 2023 mencapai Rp435 miliar

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023