Yukindo ini terbentuk karena kepedulian untuk melestarikan TNUK dan sumber daya hayati yang ada di dalamnya, termasuk badak jawa,"
Pandeglang (ANTARA News) - Yayasan Ujung Kulon (Yukindo) siap membantu mengembangkan populasi badak jawa yang hidup di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Pandeglang.

"Yukindo ini terbentuk karena kepedulian untuk melestarikan TNUK dan sumber daya hayati yang ada di dalamnya, termasuk badak jawa," kata Direktur Eksekutif Yukindo Enjat Sudrajat, Kamis.

Selain itu, kata dia, Yukindo juga akan membantu pemberdayaan masyarakat yang tinggi di sekitar kawasan TNUK yang merupakan hutan tropis terbesar di Pulau Jawa itu.

Terkait dengan pengembangna badak jawa, menurut dia, langkah awal yang akan dilaksanakan yakni pembabatan tanaman langkap yang saat ini banyak hidup di kawasan TNUK.

"Kita harus membabat tanaman langkap ini, karena `membunuh` tanaman lain yang menjadi pakan utama badak jawa," katanya.

Akibat banyaknya tanaman langkap, kata dia, tanaman yang menjadi pakan utama badak jawa semakin menipis, dan kalau dibiarkan lambat laut akan hilang dan eksesnya badak akan kekurangan pakan.

Setelah langkap dibabat, kata dia, lahan tersebut akan ditanami tanaman yang menjadi pakan badak jawa. Dengan sistem ini diharapkan badak tidak akan kekurangan pakan sehingga mendorong penambahan populasi.

Selain itu, kata dia, Yukindo juga akan membuka pada pengembalaan untuk banteng yang saat ini banyak terdapat di TNUK dan sering berebut pakan dengan badak jawa.

"Setelah padang pengembalaan dibuat, kita harapkan tidak ada lagi persaingan antara banteng dengan badak dalam memperebutkan makanan," katanya.

Yukindo, kata dia, baru berdiri dan di dalamnya bergabung orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian TNUK serta sumber daya alam hayati yang ada.

"Banyak yang bergabung dengan kita, diantaranya para mantan Kepala TNUK serta pejabat di Provinsi Banten, diantaranya Asisten III Sekretariat Provinsi Banten Eutik Suarta," katanya.

(S031/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013