...pemain Jepang sangat solid, sangat konsisten...
Jakarta (ANTARA News) - Tim Indonesia dibabat oleh Jepang 0-2 pada putaran pertama Piala Davis grup I zona Asia-Oseania 2013 yang berlangsung di Ariake Coliseum Tokyo, Jepang, Jumat.

Di partai pertama, Christopher Rungkat yang menjadi andalan gagal memetik kemenangan setelah dikalahkan unggulan kedua Jepang, Tatsuma Ito, dalam pertarungan tiga set 2-6, 2-6, 4-6.

Di atas kertas, peringkat Christo memang jauh dari Ito yang berada di ranking 84. Namun Christo, peringkat 252 dunia, sebenarnya memiliki peluang di set ketiga.

Kapten tim Indonesia, Bonit Wiryawan, dalam pesan singkatnya kepada ANTARA News menyebutkan baik taktik, strategi maupun teknis yang dimiliki sebenarnya Christo tidak kalah dari Ito.

"Pada set ketiga ada kesempatan tetapi sekali lagi kita kurang bisa memanfaatkan. Mereka (Jepang-red) cukup bagus. Sebetulnya Christo bisa mencuri angka dari partai tersebut. Tetapi sekali lagi pemain Jepang sangat solid, sangat konsisten sehingga tidak gampang dimatikan Christo," jelas Bonit.

Hal ini, lanjut Bonit, karena pemain Jepang yang berada di peringkat 100 dunia memiliki jam terbang yang jauh lebih tinggi.

Selanjutnya pada partai kedua, Wisnu Adi Nugroho, juga gagal menahan imbang setelah takluk dari unggulan pertama Jepang, Go Soeda, dengan skor 0-6, 0-6, 1-6.

Beda peringkat yang terlalu jauh--di mana Wisnu berada di 1.783 dunia sedangkan Soeda di 67 dunia--membuat Wisnu hanya mampu mencuri satu angka di set ketiga.

Tim Indonesia masih memiliki peluang tiga partai, pada nomor ganda yang akan diperkuat Elbert Sie-Ketut Nesa.

Mereka akan ditantang Tatsumo Ito-Yasutaka Uchiyama di hari kedua, Sabtu (2/2) besok.

Sementara pada partai tunggal kedua, yang berlangsung Minggu (3/2), Christopher dan Wisnu masih akan diturunkan. Christo yang menjadi tumpuan Indonesia bertemu unggulan pertama Jepang, Go Soeda sedangkan Wisnu akan melawan Tatsuma Ito.

"Mereka, terutama Christo, harus menambah kecepatan serta kekuatan tangannya serta pergerakan kakinya supaya dia bisa bersaing di level ini," ujar Bonit.
(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013