Jakarta (ANTARA) - Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi akan membuka laga Play Off Piala Davis Grup Dunia Il menghadapi tuan rumah Vietnam, Sabtu.

Tunggal utama tim Merah Putih itu bakal meladeni tunggal kedua Vietnam Pham Minh Tuan di lapangan indoor Hanaka Paris Ocean Park, Kota Tu Son, Provinsi Bac Ninh, sekitar sejam perjalanan darat dari ibukota Hanoi.

"Ini hasil drawing yang bagus karena tunggal utama Indonesia akan mengawali partai pertama menghadapi tunggal kedua Vietnam. Kami yakin Rifqi bisa menjadi pembuka kemenangan," kata non-playing captain tim Merah Putih Bonit Wiryawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Tampil di partai pertama bukanlah hal asing bagi Muhammad Rifqi Fitriadi. Peringkat 1132 dunia itu pernah sukses menjalankan peran pembuka saat menjamu Venezuela tahun lalu.

"Saya siap menyumbang angka pertama di partai pembuka," ujar Rifqi.

Baca juga: Tim Davis Indonesia jaga kekompakan jelang play off lawan Vietnam

Pada partai kedua, Anthony Susanto bakal menjajal petenis utama Vietnam, Nam Hoang Ly.

"Idealnya, tentu bisa mengambil semua partai tunggal di hari pertama. Namun, tugas Anthony adalah menguras habis tenaga Ly yang akan main rangkap, tunggal dan ganda di hari kedua," kata Bonit.

Indonesia mendaftarkan duet Christoper Rungkat dan Nathan Anthony Barki untuk menghadapi pasangan tuan rumah, Ly dan Pham yang akan membuka laga hari kedua sebelum dua partai tunggal antar petenis utama dan kedua.

Sesuai aturan Piala Davis, kedua tim bisa mengganti komposisi ganda hingga sejam sebelum pertandingan. Demikian pula untuk tunggal partai keempat bisa berganti hingga 15 menit setelah usai laga ganda, dan juga tunggal penutup 10 menit usai laga keempat.

Pertemuan antar kedua negara tersebut merupakan yang ketiga dalam sejarah Piala Davis. Indonesia selalu kalah dalam dua laga di Saigon 1970 dan Surakarta 2016.

Tim Piala Davis Indonesia bakal melakoni laga hidup mati di Vietnam. Hanya kemenangan yang bisa menyelamatkan regu putra Merah Putih dari degradasi ke Grup lll Zona Asia Oseania.

Baca juga: Kedatangan Nathan Anthony Barki lengkapi skuad Piala Davis Indonesia
Baca juga: Tim Davis Indonesia jajal lapangan jelang pertandingan di Vietnam

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023