Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universiti Utara Malaysia (UUM) di bidang akademik serta demi mewujudkan internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Dalam penandatanganan tersebut menandai kerja sama lima kampus di bawah Kemenag yakni UIN Raden Fattah Palembang, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Mataram, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

"Saya bangga bahagia hari ini saya duduk di sebuah forum yang sungguh menghadirkan tentang perlunya kerja sama dan kolaborasi," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdhani di Jakarta, Senin.

Universiti Utara Malaysia menjadi universitas pertama Malaysia yang terpilih menjalin kerja sama akademik dengan lima Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia.

Dhani mengatakan pendidikan bukan sekadar panggilan atau tugas konstitusi, tetapi tugas bersama untuk menciptakan anak-anak bangsa yang berpendidikan tinggi.

Perjalanan panjang pembangunan sebuah peradaban, kata dia, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Pembangunan peradaban merupakan perjalanan jarak jauh yang membutuhkan kerja sama.

"Di antara kekuatan-kekuatan dua bangsa dan semuanya kita persembahkan sebagai bagian dari impian untuk membangun peradaban yang lebih baik," kata dia.

Menurutnya, program kerja sama ini menggunakan skema beasiswa Indonesia Bangkit dengan mekanisme LPDP. Masing-masing UIN dapat mengirim 20 mahasiswanya untuk mengikuti program tersebut sebagai tahap awal kerja sama.

Baca juga: Wamenag: Perguruan Tinggi Indonesia terbuka untuk pelajar Palestina

Sementara itu, Wakil Rektor UUM Mohd. Fo'ad Sakdan mengatakan pemilihan UUM dalam kerja sama ini merupakan pengakuan kampusnya di kancah internasional dan akademik.

Rombongan mahasiswa pertama yang disponsori kementerian lewat beasiswa ditargetkan mulai September 2023.

"Mahasiswa yang memenuhi syarat akan melanjutkan studi dan mendapatkan pengalaman di tingkat internasional dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia holistik, mempersiapkan pemimpin, pendidik, dan profesional," ujar dia.

Menurut dia, pusat pendidikan dari UUM yang terlibat dalam kerja sama akademik ini adalah Pusat Pengajian Perniagaan Islam (IBS), Pusat Pengajian Teknologi Multimedia dan Komunikasi, (SMMTC) serta Pusat Pengajian Pendidikan (SOE).

Baca juga: Ujian masuk PTKIN berlangsung di 59 lokasi mulai 29 Mei 2023

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023