Betul (kami berkolaborasi) posisinya ada di dua wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Depok dan akan ditindaklanjuti Komisi A (bidang aset),
Depok, Jabar (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Depok, Jawa Barat, Yeti Wulandari mendorong Pemerintah Kota Depok untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor terkait penataan Pasar Citayam.

"Betul (kami berkolaborasi) posisinya ada di dua wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Depok dan akan ditindaklanjuti Komisi A (bidang aset)," katanya di Depok, Senin.

Ia mengatakan Pasar Citayam yang berada di perbatasan kedua daerah itu asetnya adalah milik Pemerintah Kota Depok.

"Waktu saya menjadi koordinator Komisi A berkaitan dengan aset karena masih ada aset kita dengan Kabupaten Bogor. Kami sempat datang ke wilayah Bogor ke Badan Keuangan Daerah (BKD) membicarakan masalah aset," kata Yeti Wulandari.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan akan melakukan koordinasi intensif dengan Pemerintah Kota Depok untuk menata Pasar Citayam yang lokasinya berada di perbatasan kedua daerah itu.

"Kami koordinasi intensif dengan Pemkot Depok. Pihak ketiga sudah siap. Tinggal Pemkot Depok yang belum selesai. Mudah-mudahan pekan depan Pemkot Depok kita undang ke Bogor, DPRD juga akan diundang," kata Iwan Setiawan.

Ia menyebutkan Pasar Citayam berdiri di lokasi perbatasan antara Kabupaten Bogor dengan Kota Depok.

Ia menyebutkan dari luas total lahan Pasar Citayam 5.200 meter persegi, 3.200 meter persegi masuk wilayah Depok dan 2.000 meter persegi masuk Bogor, meski selama ini Pasar Citayam dikelola Perumda Pasar Tohaga Kabupaten Bogor.

“Pemkab Bogor sudah membuat satu proses skema dalam pembangunan dan sudah menunjuk pihak ketiga. Bukan lewat APBD tapi melalui skema BOT (Build Operate Transfer),” katanya.

Menurutnya, dengan skema pembiayaan BOT, Pemerintah Kabupaten Bogor Bogor tidak perlu mengeluarkan biaya. Melainkan, akan didanai oleh pihak ketiga.

Namun, masalahnya Pemerintah Kota Depok belum mau menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk Pasar Citayam.

Pemerintah Kabupaten Bogor pun telah menyurati Pemkot Depok agar membantu dalam memudahkan penerbitan IMB.

Baca juga: Pemkab Bogor-Pemkot Depok rumuskan rencana revitalisasi Pasar Citayam

Baca juga: Hunian di Sawangan, Citayam, Bojong, Depok dan sekitarnya Makin Prospektif

Baca juga: PT Tjitajam dorong BPN beri kepastian hukum warga GCC Bogor

Baca juga: Pemkot Depok miliki dua stasiun skala tod

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023