Padang (ANTARA) -
PMI Sumatera Barat menyiapkan kontingen yang terdiri dari 36 orang anggota Palang Merah Remaja (PMR) untuk mengikuti Jumbara (jumpa, bakti dan gembira) Nasional (JUMNAS) IX PMI pada 2-10 Juli di Lampung.
 
Ketua PMI Sumbar, Aristo Munandar di Padang, Selasa, mengatakan kontingen asal Sumbar itu sudah melewati proses seleksi dan akan siap diberangkatkan untuk mengharumkan nama daerah.
 
Mantan Bupati Agam itu mengatakan JUMNAS sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PMI Pusat. Kegiatan itu tidak saja diikuti peserta dari seluruh Indonesia tetapi juga negara tetangga.
 
"Karena akan mengusung nama baik daerah, maka kontingen yang dikirim juga harus benar-benar memiliki kemampuan. Kita sudah seleksi siswa dari tingkat SD, SMP dan SMA seluruh Sumbar. Mereka adalah siswa yang tergabung dalam PMR," katanya.

Baca juga: Lokakarya sekolah aman gempa bumi digelar PMI Jabar

Baca juga: Wapres Kalla harap Jumbara optimalkan kontribusi PMR
 
Ia mengatakan JUMNAS merupakan kesempatan yang baik bagi PMR untuk menambah wawasan dan pengalamannya di bidang kemanusiaan, juga untuk menambah relasi.
 
Sementara itu Kepala Markas PMI Sumbar  Hidayatul Irwan yang juga menjadi Pimpinan Kontingen dari Sumatera Barat mengatakan kontingen inti yang diutus merupakan PMR yang sudah melalui tahap seleksi sebanyak dua kali, yaitu seleksi kabupaten/kota dan seleksi provinsi.
 
Ia mengatakan dari 67 orang utusan PMI kabupaten dan kota yang mengikuti seleksi tingkat provinsi, terpilih 36 orang peserta yang terdiri dari 12 orang PMR Mula (tingkat SD), 12 orang PMR Madya (tingkat SMP) dan 12 orang PMR Wira (tingkat SMA).
 
Seleksi juga dilakukan untuk Pembina PMR pada masing-masing sekolah. Dari hasil seleksi itu terpilih sebanyak enam orang pembina yang kompeten dan akan mendampingi peserta PMR pada kegiatan JUMNAS.
 
Selain kontingen inti, PMI Provinsi Sumatera Barat juga akan membawa 50 orang peninjau dan pendukung kontingen yang terdiri dari pengurus, pegawai, pembina PMR dan PMR serta relawan PMI se-Sumatera Barat.
 
"Untuk meningkatkan performa kontingen, PMI Sumbar juga akan melakukan latihan bersama pada akhir Juni, sepekan sebelum keberangkatan kontingen," katanya.
 
JUMNAS Palang Merah Indonesia merupakan ajang pertemuan relawan PMI tingkat remaja yang disebut Palang Merah Remaja (PMR) di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan karakter kepalangmerahan sejak dini dan melahirkan PMR yang cerdas, kreatif dan berjiwa sosial.
 
Sebanyak 4.262 peserta diperkirakan akan mengikuti kegiatan tersebut. Tidak hanya peserta dari Indonesia, namun juga Palang Merah Remaja dari negara tetangga.*

Baca juga: Anies Baswedan: Palang Merah cermin budaya pendidikan

Baca juga: Wapres harapkan para remaja bangun solidaritas

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023