Dengan kredit macet nol persen
Jakarta (ANTARA) - Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 berkolaborasi dengan kota dan kabupaten di wilayah layanannya untuk memperluas pendanaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Seperti di DKI Jakarta kita kerap kolaborasi dengan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) untuk memperluas pendanaan bagi UMKM," kata Pemimpin Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) VIII Jakarta 1, Alim Sutiono dalam gathering dengan media di Jakarta, Selasa.

Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 memiliki layanan meliputi Jakarta Pusat dan Timur, Bekasi, Karawang, Depok dan Bogor.

Alim mengatakan, ada kewajiban bagi cabang-cabang Pegadaian di bawahnya untuk melakukan literasi kepada masyarakat sekitar terkait produk-produk pembiayaan bagi UMKM.

"Kami punya produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang untuk mendapatkannya mudah dan terbuka bagi pelaku UMKM," katanya.

Baca juga: Pegadaian DKI edukasi tata kelola usaha yang baik bagi UMKM

Alim mengatakan, daripada harus meminjam dari perusahaan pinjaman "online" (pinjol) ilegal, sebaiknya memanfaatkan KUR yang lebih murah dan pasti.

Alim Sutiono memaparkan, di tengah bermunculan perusahaan gadai, Pegadaian siap untuk bersaing serta tetap memfokuskan layanan kepada UMKM.

"Kami mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan perekonomian nasional yang berbasiskan pada ekonomi kerakyatan demi terwujudnya kemandirian ekonomi bangsa, salah satunya dengan masif mengembangkan penyaluran KUR." katanya.

Program KUR Syariah, salah satunya, bisa menjadi solusi pembiayaan bagi pelaku usaha mikro dengan pinjaman sampai dengan Rp10 juta dengan bunga hanya tiga persen per tahun.

Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 mempunyai target penyaluran KUR hingga akhir 2023 sebanyak Rp300 miliar. Hingga kini sudah mencapai 15 persen atau sekitar Rp56 miliar.

"Kita KUR Syariah tanpa jaminan, tapi diberikan kepada yang benar-benar yang punya usaha. Jangan sampai KUR murah ini tidak sampai ke masyarakat," katanya.

Program ini terus disosialisasikan secara masif namun tidak menutup kemungkinan masih juga ada yang menyalahgunakan kesempatan ini. "KUR ini bisa di berikan hanya untuk satu orang bagi satu keluarga," katanya.

Baca juga: Pegadaian beri 24 nakes teladan di Jakarta Utara emas 0,5 gram

Terkait pencapaian target, Alim optimis mengingat dari pengalaman dalam sehari pencairan KUR bisa mencapai Rp2 miliar sehingga untuk memenuhi Rp300 miliar dalam setahun pasti dapat terpenuhi, bahkan lebih.

"Saat ini KUR telah diberikan kepada 22 ribu UMKM dari target 40 ribu yang akan diberikan KUR," katanya.

Dia menjelaskan, strategi memasarkan KUR ke masyarakat dengan turun ke masyarakat langsung.

Tim turun ke kelurahan bahkan sampai RT/RW untuk mengejar UMKM yang membutuhkan pembiayaan KUR. "Sosialisasi sampai ke RT dengan mengerahkan 55 cabang yang berada di wilayah kami, Jakarta, Bekasi, Karawang," kata dia.

Hingga saat ini target kinerja Pegadaian setiap tahun tercapai. Pengguna Digital Pegadaian tercatat meningkat dari sebelumnya 40 persen di akhir tahun dan saat ini telah mencapai 65 persen, sekaligus menjadi level tertinggi pertumbuhannya di nasional.

Baca juga: Pegadaian-Kejati DKI imbau warga waspadai penipuan lelang daring

Deputi Bisnis Pegadaian Area Bekasi, Dwi Santoso memaparkan, wilayahnya memiliki karakter yang berbeda dengan wilayah lainnya.

"Di Bekasi penyaluran KUR kami lakukan adalah dengan menempelkan cicil emas satu gram. Hal ini yang kita lakukan secara masif di setiap gerai," katanya.

Pola pembinaan ini terbukti menunjukkan keberhasilan selama satu tahun. "Dengan kredit macet nol persen," kata Dwi.

Dwi menambahkan, portofolio program gadai di wilayahnya masih didominasi dengan gadai emas, yakni sebanyak 80 persen.

"Gadainya yang paling banyak di wilayah kami adalah emas. Kredit multiguna juga dominan dengan jaminan penghasilannya," katanya.

Program Simpedes juga tergolong dalam program yang cukup diminati di Bekasi.
Baca juga: Sudin PPKUKM Jakbar gelar Bazar Jakpreneur di dua kecamatan

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023