Ombudsman melaksanakan pendampingan pra evaluasi terhadap standar pelayanan publik di Ogan Ilir.
Ogan Ilir, Sumsel (ANTARA) - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan pendampingan pra evaluasi terhadap standar pelayanan publik di Kabupaten Ogan Ilir.

"Ombudsman melaksanakan pendampingan pra evaluasi terhadap standar pelayanan publik di Ogan Ilir. Kegiatan ini akan menjadi alat untuk menggerakkan roda pemerintahan menuju pelayanan publik yang berkelas," kata Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani, di Ogan Ilir, Selasa.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Sumsel M Adrian Agustiansyah dan timnya.

Wabup menyebutkan pelayanan publik yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat merupakan wujud nyata dari keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah.

Ia berharap kegiatan pendampingan dari Ombudsman RI dapat memacu semangat para kepala perangkat daerah dan para pihak terkait lainnya untuk dapat berkompetisi dalam arti positif guna sama-sama meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Beberapa institusi menjadi target penilaian layanan publik di daerah itu, antara lain institusi layanan publik seperti Samsat, Dukcapil, rumah sakit, puskesmas, layanan pendidikan di sekolah serta lainnya.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Sumsel M Adrian Agustiansyah menyebutkan pihaknya terus menjalankan tugas dan fungsinya yang bertujuan meningkatkan kinerja layanan publik di daerah itu.

"Dengan personel yang terbatas, Ombudsman Provinsi Sumsel terus berupaya menjalankan peran dengan maksimal merespons dan menindaklanjuti masukan dari masyarakat, salah satunya dengan memperluas jaringan, termasuk kiprah dari 'Dulur Ombudsman', dimana mereka membantu kita di daerah," kata Adrian Agustiansyah.

Banyak laporan yang masuk ke Ombudsman, dilanjutkan dengan koordinasi dengan institusi terkait yang akhirnya ada solusi atau perbaikan bahkan peningkatan kinerja.
Baca juga: Ditlantas Polda Sumsel minta GT Kramasan diatur ulang urai kepadatan
Baca juga: Kapolda Sumsel tegaskan pecat oknum polisi terlibat BBM ilegal

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023