Washington (ANTARA News) - John Kerry berbicara dengan presiden Israel, menteri luar negeri Turki, Kanada dan Meksiko dalam komunikasi telepon pertamanya sebagai menteri luar negeri Amerika Serikat yang baru, Minggu waktu AS atau Senin dini hari WIB.

Mantan ketua komisi hubungan luar negeri Senat AS ini sejak Jumat waktu AS lalu resmi menggantikan Hillary Clinton.

Kerry melakukan pembicaraan dengan para pejabat tinggi luar negeri melalui telepon, termasuk dengan Presiden Israel Shimon Peres, kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Victoria Nuland seperti dikutip AFP.

Peres mengucapkan selamat kepada Kerry dan memberikan paparan singkat tentang pembentukan pemerintahan baru di Israel serta bertukar pandangan dengan Kerry soal masalah-masalah kawasan, kata Nuland.

Sementara itu, dalam pembicaraan telepon dengan mitranya dari Turki, Kerry mengucapkan terima kasih kepada Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu "atas kerjasama bilateral yang sangat baik menyusul serangan teroris hari Jumat ke kedutaan besar AS di Ankara."

Sedangkan dengan Menteri Luar Negeri Kanada, Kerry bersepakat bahwa kedua negara akan "bekerjasama erat" dalam berbagai isu, termasuk menjaga kesatuan sikap terhadap Iran dan situasi di Suriah dan Mali.

(T008/M014) 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013