Penghargaan ini semakin memacu (saya) untuk terus berkarya, dan lebih baik lagi sehingga bisa kembali menorehkan prestasi
Jakarta (ANTARA) - Pewarta foto ANTARA Arif Firmansyah menyabet gelar juara untuk kategori foto jurnalistik dalam kompetisi karya jurnalistik yang digelar oleh TNI Angkatan Udara, Kasau Awards 2023.

Karya foto jurnalistik berjudul “Distribusi Bantuan Logistik Gempa Bumi Cianjur melalui Udara” berhasil mengungguli karya lainnya, termasuk foto jurnalistik dari pewarta foto Harian Kompas yang menempati urutan kedua, dan Merdeka.com pada urutan ketiga.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat acara pengumuman pemenang Kasau Awards di Jakarta, Rabu, menyampaikan selamat kepada para pemenang, dan menyampaikan karya-karya jurnalistik itu berkontribusi terhadap citra positif TNI AU di masyarakat.

“Setiap karya yang dihasilkan, baik berupa tulisan, maupun dalam bentuk foto dan video, yang membahas mulai dari isu strategis hingga isu humanis, seluruhnya adalah kontribusi yang sangat berharga dalam membangun citra positif TNI Angkatan Udara. Saya berharap semoga hal tersebut dapat mendorong TNI AU untuk tumbuh semakin profesional dan semakin dicintai rakyat Indonesia,” kata Marsekal Fadjar.

Arif Firmansyah, yang bergabung dengan ANTARA Foto sejak 2007, berhasil memotret peristiwa sejumlah prajurit TNI Angkatan Udara yang ikut turun membantu penyaluran bantuan korban gempa bumi Cianjur pada November 2022.

Baca juga: Tiga fotografer ANTARA raih Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2022

Arif, yang saat ini banyak memotret peristiwa di wilayah Bogor, mengaku berita foto itu merupakan hasil inisiatif dia yang berupaya mencari sisi lain dari penanggulangan bencana gempa bumi di Cianjur.

“Saya melihat banyak media yang meliput ke sana (Cianjur, red.). Jadi, saya coba cari liputan lain di Bogor dan mendapat informasi dari Instagram tentang penyaluran distribusi oleh Skadron 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor. Saya langsung kontak bagian penerangannya, dan Alhamdulilah masih ada jadwal distribusi dengan helikopter Super Puma,” kata Arif saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Dia mengaku tertarik merekam peristiwa tersebut, karena berita foto itu menunjukkan peran penting TNI AU menyalurkan bantuan via udara, mengingat saat itu banyak lokasi bencana yang masih sulit ditempuh melalui jalur darat.

Buat Arif, gelar juara yang dia terima di Kasau Awards menjadi pengingat dan pemacu untuk terus berkarya lebih baik lagi ke depannya.

“Penghargaan ini semakin memacu (saya) untuk terus berkarya, dan lebih baik lagi sehingga bisa kembali menorehkan prestasi,” kata Arif.
Berita foto dari ANTARA Foto berjudul “Distribusi Bantuan Logistik Gempa Bumi Cianjur melalui Udara” karya Arif Firmansyah berhasil meraih gelar juara Kasau Awards 2023 kategori foto jurnalistik. ANTARA/Tangkapan layar ANTARA Foto


Kasau Awards merupakan kompetisi jurnalistik yang rutin digelar oleh TNI Angkatan Udara sebagai wujud apresiasi TNI AU kepada para jurnalis nasional dan masyarakat umum.

Kasau Awards 2023, yang pada tahun ini memasuki tahun kelimanya, mengangkat tema “TNI AU sebagai Patriot NKRI yang disegani di kawasan”.

Baca juga: Foto ANTARA dipamerkan di Forum Perempuan Asia-Afrika

“(Tema itu) mengandung filosofi bahwa sebagai Patriot bangsa, TNI Angkatan Udara tidak bisa berjuang sendiri untuk menjadi Angkatan Udara yang disegani. Kami juga membutuhkan dukungan dan peran serta berbagai elemen bangsa, termasuk dari rekan-rekan media dan masyarakat umum, untuk memberikan gambaran tentang tugas dan peran TNI Angkatan Udara kepada masyarakat Indonesia dan juga kepada dunia,” kata Kasau.

Total ada tujuh kategori yang dilombakan dalam Kasau Awards 2023, lima di antaranya untuk jurnalis, dan dua sisanya untuk masyarakat umum.

Untuk kategori artikel isu strategis media cetak/online dimenangkan oleh pewarta Republika.co.id, Erik Purnama Putra, yang menulis “Super Hercules dan Modernisasi Alutsista TNI AU Besar-Besaran”.

Kemudian, artikel dari dua wartawan Harian Kompas, yaitu Nikolaus Harbowo dan Kurnia Yunita Rahayu berjudul “Meneladani Bapak AURI yang Visioner” memperoleh gelar juara untuk kategori artikel isu humanis.

Kompas TV dengan liputannya berjudul “Jalak Sakti” juga menyabet titel juara untuk kategori feature media televisi, kemudian CNN Indonesia dengan judul liputan “The Dynamic Pegasus, Tim Aerobatik Helikopter TNI AU” meraih gelar juara pada kategori news TV.

Untuk kategori foto dengan peserta masyarakat umum, Danny Nuris memperoleh gelar juara berkat karyanya yang berjudul “Tim Bravo Bergerak Cepat, Senyap, dan Tepat”.

Terakhir, M. Ridho memperoleh gelar juara kategori video masyarakat umum dengan karya berjudul “TNI AU yang Disegani di Kawasan”.

Baca juga: Pewarta Foto ANTARA raih Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021
Baca juga: "Sejarah" foto/kantor berita di balik "Linimasa" Audy Mirza

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023