Saat ini jamaah calon haji Kloter I Batam sedang menuju perjalanan ke Mekkah. Tadi berangkat dari Madinah pukul 06.00 WAS
Batam, Kepri (ANTARA) - Jamaah calon haji (JCH) kloter 1 Embarkasi Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) diberangkatkan menuju ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Koordinator Media Center Haji (MCH) Embarkasi Hang Nadim Batam Syahbudi di Batam, Jumat mengatakan JCH kloter 1 tersebut berangkat dari Madinah pada pukul 06.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dan diperkirakan tiba di Mekkah pada pukul 12.00 WAS.

"Saat ini jamaah calon haji Kloter I Batam sedang menuju perjalanan ke Mekkah. Tadi berangkat dari Madinah pukul 06.00 WAS," katanya.

Ia menjelaskan setibanya jamaah calon haji di Mekkah akan melaksanakan tawaf umrah atau tawaf wajib.

"Sebelum itu mereka akan mengambil miqat di Bir Ali. Dari Bir Ali langsung ke Mekkah," katanya.

Ia menyebutkan kondisi cuaca di Arab Saudi mencapai 37 hingga 41 derajat Celcius.

"Cuaca d isana panas sekitar 37 sampai 41 derajat Celcius, tapi kemarin sempat hujan," katanya.

Syahbudi menambahkan kondisi JCH kloter 1 Embarkasi Hang Nadim Batam dalam keadaan sehat.

Sebelumnya, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memastikan tidak ada calon haji (calhaj) yang tertinggal saat mengambil miqat di Bir Ali atau Masjid Dzul Hulaifah sebelum melanjutkan perjalanan ke Mekkah.

""Sama seperti tahun lalu, tidak akan ada jamaah yang tertinggal, sebab bus tidak akan berangkat sebelum jamaah komplit," kata Kepala Sektor Khusus Bir Ali PPIH Arab Saudi Aruji Maswatu, Kamis (1/6).

Ia menyebutkan ada 1.899 (dua di antaranya tertunda karena dirawat di RS King Fahid Madinah) yang bergerak dari Madinah ke Mekkah.

Begitu turun dari bus di Bir Ali, jamaah diarahkan untuk melaksanakan shalat sunnah dua rakaat di Masjid Nabawi. Kemudian dibimbing untuk niat ihram dan bagi jamaah lansia dan yang mengenakan kursi roda, niat ihram bisa dilakukan di dalam bus.

Baca juga: 2.929 calon haji Embarkasi Batam sudah diberangkatkan ke Madinah

Baca juga: Pertamina pastikan ketersediaan Avtur penerbangan haji di Batam

Baca juga: Wali Kota Batam ingatkan jamaah calon haji jaga kesehatan

Baca juga: 2 calon haji Embarkasi Batam jalani perawatan di RSBP


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023